-->

Kumpulan Buku Contoh Cerita Fiksi Fiction Story Lengkap

    Pada kesempatan kali ini MyPoem akan membagikan contoh cerita fiksi yang sarat pesan moral didalamnya. Dalam setiap cerita fiksi itu selalu ada pesan yang disampaikan oleh para penulisnya. Melalui contoh cerita fiksi kita tambah wawasan tentang moral kehidupan


    Pembahasan dibawah ini berkaitan dengan tema :

    • contoh cerita fiksi pendek
    • contoh cerita fiksi adalah
    • berikut ini yang merupakan contoh cerita fiksi adalah
    • contoh cerita fiksi pendidikan
    • contoh cerita fiksi sejarah
    • contoh cerita fiksi legenda
    • contoh cerita fiksi singkat
    • contoh cerita sejarah fiksi


    cerita fiksi
    contoh cerita fiksi


    Cerita Kumpulan Buku Fiksi


    1. Contoh Cerita Fiksi Tentang Harimau Dan Tikus


    Satu ekor harimau  tertidur pulas saat satu ekor tikus naik-turun badannya karena usil. Ini mengusik tidur sang harimau , lalu harimau  itu bangun dengan benar-benar geram. Ia akan memangsa sang tikus.


    saat tikus dengan patah semangat minta belas kasihan untuk dibebaskan:

    "Aku janji, aku akan menolong kamu suatu saat nantii jika kamu membebaskan aku ."


    Harimau  itu menertawai sang tikus dan segera melepaskan makhluk kecil itu karena dianggap tidak berarti apa-apa.


    Pada suatu ketika, para pemburu tiba ke rimba dan menangkap sang harimau. Mereka mengikatnya pada sebuah pohon. Sang harimau berusaha meraung dan meronta agar bisa terlepas, tiba-tiba sang tikus datang berjalan melaluinya serta menyaksikan harimau itu dalam kesulitan. Secara cepat, ia lari serta menggerogoti tali untuk melepaskan harimau itu. Kedua hewan hutan tersebut lalu kabur melarikan diri hutan.


    Pesan kepribadian dalam contoh cerita pendek diatas 

    Perlakuan kebaikan kecil dapat benar-benar bermanfaat.


    2. Contoh Cerita Fiksi Tema Berhitung dengan Arif


    Satu hari, Seorang raja mengajukan suatu pertanyaan yang aneh yang bikin seluruh pegawai istana menjadi bingung. Semua orang sibuk mencari jawaban atas keinginan tersebut, lalu seorang bernama Birbal datang serta menanyakan apa yang sedang terjadi. Mereka kompak memberitahukan tentang keinginan sang raja…


    Pertanyaannya sang raja adalah :  "Berapa banyak burung yang ada di kota?”


    Mendengar pertanyaan seperti itu, Birbal lalu tersenyum lalu mendekati para ajudan sang raja. Birbal mengatakan bahwa jawabannya jumlah burung di kota adalah “dua puluh satu ribu lima ratus dua puluh tiga burung yang ada dikota”

    Jawaban tersebut disampaikan pada sang raja, lalu Birbal dipanggil untuk menghadapnya.

    Sang raja lalu bertanya : “Darimana kamu tau jumlahnya sebanyak itu?”

    Birbal lalu menjawab :

     "Suruh ajudanmu untuk hitung jumlah burung yang ada di kota. Jika jumlahnya makin banyak dari angka yang aku berikan maka keluarga dari para burung yang ada diluar kotalah yang datang berkunjung ke kerajaan ini. Jika jumlahnya berkurang dari itu berarti burung-burung yang ada dikerajaan kitalah yang sedang berkunjung ke keluarganya yang ada di kerajaan lain.” 

    Suka dengan jawabannya, Sang rajar memberikan hadiah batu permata ruby dan Mutiara indah.


    Pesan contoh cerita pendek : 

    Mempunyai sebuah keterangan masuk akal sama artinya dengan memiliki sebuah jawaban.


    3. Contoh Cerita Fiksi Tentang Anak Laki-Laki dan Serigala


    Dalam suatu dusun, hiduplah seorang anak lelaki dengan ayahnya. Sang ayah anak tersebut menjelaskan padanya jika ia sudah cukup dewasa buat menjaga kambing-kambing yang tengah ada di ladang.

    Tiap hari, si bocah laki-laki harus bawa kambingnya ke padang rumput serta memantau mereka waktu merumput. Tetapi, sang bocah itu tidak suka serta tidak ingin bawa kambingnya ke ladang. Ia pengin lari serta bermain, bukan melihat kambing menjemukan yang kerjanya muter-muter di ladang.

    Lalu, ia memilih untuk bermain saja. Ia berteriak, "Tolong ada Serigala!"

    Membuat  semua warga dusun berlarian dengan batu untuk menyingkirkan serigala saat sebelum mereka menyantap hidangan mereka. Saat warga dusun menyaksikan bahwa tidak ada satupun serigala, mereka kesal dipermainkan oleh sang bocah karena menyia-nyiakan waktu mereka.

    Esok harinya, anak lelaki itu menangis satu kali lagi, "Tolong ada Serigala! Serigala!" serta, satu kali lagi, warga dusun segera ke situ untuk datang membantu.


    Sang bocah menertawai sikap panik warga dusun. Pada kesempatan ini, warga dusun pergi dengan geram. Hari ke-3 , saat si bocil pergi mendaki gunung, ia mendadak menyaksikan satu ekor serigala menyerbu kambingnya. Ia menangis sekuat yang ia dapat, "Serigala! Serigala! Serigala! ", Tapi tidak ada 1 juga warga dusun yang tiba menolongnya. Warga dusun menduga jika ia coba membodohi mereka kembali, mereka mengabaikan teriakan bocah tersebut. Si bocil akhirnya pulang dengan kambing yang hilang banyak karena dimangsa serigala


    Pesan contoh cerita pendek Bocah dan Serigala :

    Susah untuk tetap terus percaya sama orang yang suka bohong, bersikap jujur agar dipercaya orang.


    4. Contoh Cerita Fiksi Judul : Rubah  Dan Burung


    Satu hari, satu ekor Rubah  egois mengundang satu ekor burung untuk santap malam. Burung  benar-benar suka dengan ajakan tersebut - ia datang di dalam rumah Rubah  on time serta mengetuk pintu dengan paruhnya yang panjang.

    Rubah  mengantarnya ke meja makan serta menyediakan sup di mangkok buat mereka berdua bersantap malam. Sebab mangkoknya begitu dangkal untuk burung , ia benar-benar tidak dapat makan sup. Tetapi, Rubah  secara cepat menjilat supnya.


    Sang Burung  kesal serta kecewa, tapi ia tetap bersikap santun menahan kemarahannya. Untuk memberikan pelajaran ke si Rubah , ia selanjutnya membalas undangan sang rubah untuk mengundang makan malam ditempatnya.

    Keesokan harinya, acara makan malam diadakan ditempat Si burung, Ia menyediakan sup, tetapi kesempatan ini sup dihidangkan dalam 2 vas sempit dan tinggi. Sang Burung  menyantap sup dari vasnya, tapi Rubah  tidak bisa meminum sebab lehernya tidak bisa menjangkau masuk kedalam vasnya. Rubah  mengetahui kekeliruannya lalu pulang dengan perut lapar.


    Pesan contoh cerita pendek rubah dan burung : 

    Perlakuan egois lambat atau cepat jadi bumerang! Tenggang rasa itu penting…


    5. Contoh Cerita Fiksi Singkat : Sentuhan Emas


    Satu saat hiduplah seorang pria rakus dalam suatu kota kecil. Ia benar-benar kaya, serta ia menyenangi emas serta segala hal yang mewah. Tetapi ia menyukai putrinya lebih dari apapun. Satu hari, ia kebenaran berjumpa peri. Rambut peri terlibat di sejumlah cabang pohon.

    Ia menolongnya, tapi saat keserakahannya menggantikan, ia mengetahui jika ia mempunyai peluang untuk bertambah lebih kaya dengan minta satu kemauan selaku balasannya (dengan menolongnya). Peri itu meluluskan permintaannya. Ia berbicara, "Semuanya yang aku  sentuh harus beralih menjadi emas." Serta kemauannya dipenuhi sama peri yang bersyukur.


    Pria rakus itu segera pulang untuk memberitahu istri serta putrinya mengenai kemauannya, sekalian sentuh batu serta kerikil serta menyaksikan mereka beralih menjadi emas. Demikian sampai di dalam rumah, putrinya segera menyambutnya. Demikian ia membungkuk untuk menggendongnya, ia lalu berubah menjadi sebuah patung emas.

    Si pria benar-benar terpukul lalu menangis hebat melihat putrinya menjadi emas, ia ingin putrinya bisa kembali lagi. Ia habiskan sisa waktu hidupnya untuk mencari peri tersebut


    Pesan dalam contoh cerita fiksi diatas

    Sifat serakah akan merenggut harta kita yang paling berharga


    6. Contoh Cerita Fiksi Serakah : Gadis pemerah susu 


    Patty, seorang gadis pemerah susu memeras susu sapinya serta mempunyai 2 gentong penuh susu cream. Ia menempatkan ke-2 gentongnya di atas sebatang kayu serta pergi menuju pasar menjual susu tersebut.

    Waktu ia mengambil langkah ke arah pasar, pemikirannya ambil langkah ke arah kekayaan. Dalam perjalanannya, ia lagi pikirkan uang yang akan ia hasilkan dari jual susu. Selanjutnya ia memikir mengenai apakah yang akan ia kerjakan dengan uang itu…


    Ia bicara untuk dirinya serta berbicara, "Sesudah aku  memperoleh uang, aku  akan beli seekor ayam. Karena ayam pasti bertelur dengan begitu aku  bisa mendapatkan semakin banyak ayam lagi.

    Mereka akan bertelur terus dan jumlah ayamku akan semakin banyak, serta aku  akan menjualnya untuk memperoleh semakin banyak uang. Dengan begitu, aku  bisa beli pondok di atas gunung membuat semua orang iri kepadaku.

     " Ia benar-benar ingin jika ia akan selekasnya jadi kaya. Lewat pemikiran tersebut ia maju terus. Tetapi mendadak, ia jatuh dan terganjal. Ke-2 gentong susu itu jatuh serta semuanya membuat keinginannya untuk kaya jadi remuk. Susunya tumpah ke tanah, serta Patty cuman dapat menangis. "Tidak ada lagi rumah pondok untukku!”


    Pesan contoh cerita fiksikeenam diatas : 

    Jangan kalkulasi ayam sebelum menetas, focus pada proses bukan pada hasil akhir!


    7. Contoh Cerita Fiksi Kehidupan : Waktu Dalam Kesusahan 


    Ini ialah cerita yang menerangkan bagaimana kesusahan ditemui dengan berlainan sama orang yang berbeda. Ada seorang gadis namanya Asha yang tinggal bersama-sama ibu serta ayahnya dalam suatu desa. Satu hari, ayahnya memberikannya pekerjaan sederhana. Ia ambil 3 bejana berisi air mendidih. Ia menempatkan telur di 1 tempat, kentang di tempat ke-2 , serta sedikit daun teh di tempat ke-3 . Ia minta Asha untuk memantau bejana sepanjang seputar sepuluh sampai 5 belas menit sesaat 3 bahan di 3 bejana terpisah direbus. Sesudah waktu itu, ia minta Asha untuk kupas kentang serta telur, serta memfilter daun tehnya. Asha jadi bingung - ia pahami ayahnya coba menerangkan suatu hal kepadanya, tapi ia tidak paham apa itu.


    Ayahnya menerangkan, "Ke-3 benda itu ditaruh pada kondisi yang sama. Saksikan bagaimana mereka memberi respon dengan berbeda. " Ia berbicara jika kentang jadi lunak, telur jadi keras, serta daun teh mengganti rasa air dan warna. Ia selanjutnya berbicara, "Kita seperti satu dari beberapa barang ini. Saat kesusahan panggil, kita memberi respon tepat sama seperti yang mereka kerjakan. Saat ini, apa Kamu kentang, telur, atau daun teh? "


    Pesan contoh cerita fiksi Waktu dalam kesusahan :

    Kita dapat memutuskan bagaimana menyikapi keadaan yang susah.


    8. Contoh Cerita Fiksi Kepribadian : Mawar yang Senang


    Satu saat, ada tanaman mawar yang cantik dalam suatu taman. 1 bunga mawar di tanaman itu senang dengan keelokannya. Tetapi, dia sedih sebab tumbuh dari sisi kaktus jelek. Tiap hari, mawar akan mengejek kaktus mengenai performanya, tapi kaktus selalu diam. Semuanya tanaman lain di taman coba hentikan mawar dari menggertak kaktus, tapi mawar itu begitu dipengaruhi sama keelokannya sendiri untuk dengarkan siapa pun.


    Satu musim panas, satu sumur di taman jadi kering serta tidak ada air untuk tanaman. Mawar perlahan-lahan mulai layu. Mawar menyaksikan satu ekor burung pipit mencelupkan paruhnya ke kaktus untuk ambil air. Mawar juga selanjutnya berasa malu sebab sejauh ini mengolok-olok kaktus. Tapi sebab memerlukan air, dia pergi menanyakan ke kaktus apa dia bisa mendapatkan air. Kaktus yang bagus sepakat, serta mereka berdua jalani musim panas selaku teman.


    Pesan  contoh cerita fiksi Mawar Yang Senang : 

    Jangan sampai memandang seorang dari performanya.


    9. Contoh Cerita Fiksi Tentang :  Cerita Pensil


    Seorang bocah bernama Raj kecewa sebab Hasil testnya buruk. Ia Duduk dikamar dengan sang nenek mencoba menghibur dirinya. Neneknya duduk disebelahnya dan memberikan sebuah pensil. Raj terlihat sangat bingung, serta berbicara jika ia tidak patut memperoleh pensil sesudah performanya dalam ujian.


    Neneknya menerangkan, "Kamu dapat banyak belajar dari pensil ini sebab ia sama sepertimu. Ini alami penajaman yang menyakitkan, sama dengan Kamu alami rasakan sakit sebab tidak kerjakan secara baik untuk ujian Anda. Tetapi, itu akan menolong Kamu jadi murid yang lebih baik. Sama dengan semuanya kebaikan yang dari pensil tersebut, Kamu pun akan mendapati kemampuan untuk menangani halangan ini. Serta pada akhirnya, seperti pensil ini yang akan membuat sinyal untuk permukaan apa saja, Kamu pun akan tinggalkan sisa untuk apa saja yang Kamu pilih. " Raj selekasnya terhibur serta janji untuk dirinya jika ia akan lakukan yang lebih baik.


    Pesan contoh cerita fiksi Cerita Pensil : 

    Kita memiliki kekuatan untuk menjadi yang kita inginkan


    Kumpulan Buku Fiksi Cerita



    Cerita Fiksi Pendek
    contoh cerita fiksi


    Cerita Fiksi Pendek

    Contoh cerita fiksi
    Contoh cerita fiksi


    Cerita Fiksi Pendek


    Contoh cerita fiksi
    Contoh cerita fiksi





    DEFINISI CERITA FIKSi


    Seputar  Contoh Cerita Fiksi


    Kata fiksi berasal dari kata fiction yang bermakna imajinasi dalam Bahasa Inggris. Di sebuah Cerita , para penulis atau sastrawan membeludakkan bayangannya dalam bentuk imjajinasi. Walaupun mengambil sumber dari imajinasi sang penulis, tetapi alur dari cerita yang dibikin mesti berdasar pada ingatan yang logis. Perihal ini pula sebagai pemisah pokok di antara Cerita fiksi serta Cerita  fantasi.


    Beberapa penulis mendapat buah pikiran dari kejadian fakta, suatu histori waktu dulu, atau juga pengalaman individu penulis. Lantas penulis bisa membungkus Cerita fiksi dengan menambah beberapa kalimat perumpamaan atau bentuk hiperbola yang memiliki sifat dramatis. Maka dari itu pembaca bisa membaca sebuah cerita fiksi menjadi suatu hal yang logis yang berisi kebenaran serta sekalian nikmati jalur imajinasi yang terpapar di dalam Cerita  itu.

    cerita fiksi
    komponen cerita fiksi


    Karakteristik CERITA FIKSI


    Suatu contoh Cerita fiksi mempunyai beberapa ciri seperti berikut:


    1.  Memiliki sifat imajinatif. Berarti suatu Cerita  yang dicatat mempunyai daya khayal yang dapat dirasa oleh pembaca. Ini pula sebagai tanda jika penulis sudah sukses membawa pembaca untuk larut masuk kedalam cerita yang ia buat. Menyatu dengan cerita intinya gitu ya2. Tebersit suatu 
    2. kebenaran. Dalam penulisan Cerita fiksi mesti menyisipkan suatu kebenaran, walaupun kebenaran itu tak mesti digambarkan secara jelas adanya. Pesan kebenaran itu dapat dikemas dalam suatu Cerita  yang dapat diterima pembaca dengan tersurat.
    3. Kalimat memiliki sifat konotatif. Cerita fiksi lebih bagus kalau gunakan kalimat yang memiliki sifat konotatif. Yaitu, tiap-tiap kalimat yang digunakan mempunyai makna yang tidak langsung sebenarnya, karena dibungkus dengan hiperbola tadi.
    4. Contoh kata perumpamaan yang mewakili cerita fiksi misalkan kambing hitam, atau tangan besi, yang mewakili sosok yang dikorbankan (kambing hitam) dan sosok yang keras dalam bertindak (tangan besi)
    5. Penulisan Cerita Fiksi Harus Fleksibel. Memisahkan ruang pribadi dalam tulisan cerita fiksi. Alur cerita fiksi mengalir sesuai imajinasi si penulis semakin banyak gambaran perumpamaan tingkat cerita fiksinya akan semakin tinggi…
    6. Menyentuh hati dan logika pembaca.Cerita fiksi yang diungkapkan dipenuhinya dengan kalimat yang merangsang pembaca agar terus penasaran dalam kalimat cerita fiksi imajinasi yang dituliskan. Bisa dalam berupa rasa sedih, puas, marah, ataupun takut.
    7. Ada Pesan Yang Disampaikan.Walaupun berdasarkan suatu hal imajinatif atau imajinasi, cerita fiksi harus juga punya kandungan pesan moral untuk para pembacanya. Cara menyampaikan pesan bisa dalam dialog ataupun deskripsi alur cerita fiksi yang tersurat.



    STRUKTUR CERITA PADA CERITA FIKSI


    Susunan Untuk Cerita  Fiksi

    Cerita fiksi pun mempunyai susunan dalam membuat jalur ceritanya. Beberapa faktor yang dibutuhkan salah satunya:


    • Struktur ABSTRAK : Sisi ini berisi mengenai ikhtisar ringkas dari Cerita disuguhkan. Tetapi, si pembuat bisa aja tak menghadirkan sisi yang satu ini.
    • Struktur ORIENTASI : Orientasi mengenai pengenalan-pengenalan sebuah cerita fiksi. Umpamanya berhubungan mengenai figur yang berperanan serta sifat-karakternya. Terkecuali, info objek serta background pun butuh dijelaskan.
    • KOMPLIKASI : Kompleksitas memberikan suatu masalah-masalah yang dirasakan oleh figur cerita. Penulis butuh membungkus demikian rupa supaya masalah-masalah yang dicatat berkesan dramatis. Terkecuali itu penulis mesti sanggup bawa imajinasi pembaca supaya bersatu dalam cerita.
    • EVALUASI : Pada sisi ini, penulis mesti memberi suatu jalan keluar dari masalah-masalah yang sudah dirasakan oleh figur cerita. Kadang-kadang, penulis tak langsung tuliskan suatu jalan keluar dengan langsung. Tapi dikepak dengan suatu Cerita , supaya pembaca bisa mengartikan sendiri.
    • RESOLUSI : Nyaris sama juga dengan penilaian, sisi resolusi pun memberi jalan keluar pemecahan pergesekan. Bedanya ialah, resolusi lebih mengulas dengan terperinci pokok kasus dari profil.
    • REORIENTASI : Ialah sisi paling akhir dari Cerita  fiksi yang berisi mengenai pesan  yang disampaikan untuk pembaca.


    UNSUR CERITA FIKSI


    Faktor Cerita  Fiksi


    Cerita fiksi kebanyakan berisi beberapa unsur terkait sebagai penambah cerita didalamnya. Supaya alur cerita yang dicatat mempunyai magnet yang bagus. Berikut ini unsur-unsur yang dapat ditempatkan di Cerita fiksi  sebagai berikut:

    1. INSTRINSIK : Perumpamaannya ialah objek, jalan cerita, figur yang berperanan, perseteruan yang berlangsung, klimaks Cerita , background, perintah ataupun sudut pandang tokoh utamanya. Unsur intrinstrik berisikan hal-hal diatas, dengan turunan dari hal tersebut didalamnya…
    2. EKSTRINSIK.: Perumpamaannya ialah kepercayaan, suatu pandangan hidup atau ideologi tersirat dari sang penulis, atau cara si penulis untuk memengaruhi sisi emosional pembaca.

    Video Contoh Cerita Fiksi






    Contoh Cerita Fiksi Pendek


    Pekan kedepan, Safira akan bertandang ke rumah neneknya yang ada di kampung.

    Dia benar-benar suka karena dia sudah lama tidak bertemu dengan nenek yang paling dia cintai.

    Saat dia tengah siap-siap - siap mengepak pakaian untuk dibawa berlibur di dalam rumah nenek, Safira terpikir akan satu hal.

    Dia terpikir bila dia janji akan membawa si nenek hadiah berbentuk kue yang ia bikin sendiri.

    Pada akhirnya Safira juga segera ke arah dapur dan mempersiapkan semua bahan untuk membikin kue. Dia sering menolong ibu untuk membikin kue ini, hingga dia sudah mengetahui bagaimanakah cara untuk membuatnya.

    Dia menambahkan beberapa bahan dengan benar-benar tekun lalu memanggangnya dalam oven lebih kurang 30 menit.

    Pada akhirnya bikinan Safira jadi dan dia sagat senang dapat dengan prima membuatnya. Dia ingin tahu bagaimana tanggapan dari neneknya kelak saat makan kue bikinannya.

    Contoh Cerita Fiksi Sejarah


    Orientasi

    Namaku Putra, saat itu umurku masih 14 tahun. Persisnya di tanggal 17 Agustus 1945, di mana saat itu juga bersamaan dengan bulan Ramadhan.

    Oleh karena itu saya, ayah dan adikku keluar dari rumah tidak makan pagi karena kami sedang jalankan beribadah puasa.

    Kami saat itu keluar dari rumah pada pukul 09.00 pagi, tapi tidak seperti umumnya jalanan benar-benar sepi.

    Posisi Kejadian

    Sebenarnya diriku benar-benar bingung, tapi saya diam dan terus jalan ikuti ayahku.

    Namu rupanya, ayahku membawaku dan adikku ke arah satu rumah yang berada di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56.

    Dari jarak jauh saja sudah terlihat bila di sekitar rumah dengan cat putih itu ada tiang bendera dari bambu yang sudah ramai dipenuhi oleh orang banyak.

    Menyaksikan jumlahnya orang bergabung, sudah pasti saya makin semakin ingin tahu apa yang terjadi.

    Disitu ada banyak pemuda yang sedang berbaris rapi da kelihatan tamu undangan yang duduk yang rapi di jejeran bangku yang telah disediakan.

    Sedang pada bagian luar rumah sudah bergabung warga dari semua kalangan.

    Sebagian besar warga bergabung disekitaran rumah itu dengan bawa bambu lancip, sekop, batu, golok, parang dan barang-barang yang bisa dijadikan senjata.

    Semua benda yang sudah dibawa oleh mereka seolah memberikan kemauan mereka supaya berani mati untuk dapat menjaga kemerdekaan Indonesia.

    Waktu saya, ayah dan adikku jalan makin merapat ke teritori rumah itu, makin kedengar ajakan warga yang berteriak "Saat ini, Bung, Saat ini! Selekasnya pastikan saat ini ".

    Warga kelihatan tidak sabar menanti di mana ajakan itu sekalian memperlihatkan rasa cemas akan tentara Jepang yang bisa merintangi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

    Sesaat kemudian, pada akhirnya dari di rumah itu keluar 2 orang dengan baju putih.

    Salah satunya antara orang yang keluar itu bawa selembar kertas dan dengan tegas, beliau membacakan isi pada kertas yang didalamnya ialah pengakuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

    Re-Orientasi

    Dengar bacaan text Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu saya benar-benar terharu.

    Saya tidak akan menduga pada umurku yang baru 14 tahun saat itu, saya telah melihat satu kejadian besar di diperjalanan Indonesia.

    Saya benar-benar senang menjadi sisi dari kemerdekaan negaraku tersayang.

    Saya mengharap, mudah-mudahan warga Indonesia tetap berpadu seperti saat periode - periode perjuangan Indonesia yang menantang penjajah.

    Mudah-mudahan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia terus akan bertahan selamanya.

    Setelah Proklamasi itu dibacakan, saya, ayah dan adikku pulang dengan rasa berbahagia sekalian senang karena Indonesia sudah merdeka.


    Demikianlah contoh cerita fiksi dengan beragam tema kehidupan didalamnya, ada banyak pesan moral yang disampaikan yang itu berkaitan dengan perilaku dalam hidup kita sehari-hari. Tetap jagalah terus perbuatan baik dan jauhkan setiap perbuatan yang buruk agar kita bahagia jalani hidup. 

    Jika kalian suka konten contoh cerita fiksi sejarah diatas kami akan berikan lagi contoh cerita fiksi lainnya yang tidak kalah seru, namun jangan lupa untuk subscribe berlangganan konten terbaru blog Seuntaipuisi ya

    ===============================




    • abu nawas adalah contoh cerita fiksi berjenis
    • contoh cerita fiksi pendek singkat
    • contoh cerita fiksi persahabatan
    • cerita fiksi sejarah contoh
    • 5 contoh cerita fiksi sejarah
    • contoh cerita fiksi danau toba
    • contoh ringkasan cerita fiksi
    • contoh cerita fiksi yang singkat
    • contoh cerita inspirasi fiksi sejarah
    • contoh cerita fiksi panjang
    • contoh cerita fiksi sejarah antara lain
    • contoh cerita rakyat fiksi sejarah
    • contoh cerita fiksi sage
    • contoh cerita sejarah fiksi singkat
    • contoh cerita cerpen fiksi
    • contoh cerita fiksi mini 
    • contoh cerita fiksi fantasi
    • contoh cerita fiksi timun mas
    • cari contoh cerita fiksi
    LihatTutupKomentar