-->

Keutamaan hari jumat dalam al-quran Serta Keutamaan Surat Al-Jumu'ah 9-11 dalam Al-Quran

    Keutamaan hari jumat dalam al-quran



    Keutamaan hari jumat dalam al-quran


    Hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa dalam agama Islam. Dalam Al-Quran, hari Jumat disebutkan sebagai hari yang paling mulia setelah hari kiamat. Keutamaan hari Jumat dalam Al-Quran dapat dilihat dari beberapa ayat yang menjelaskan tentang keistimewaan hari tersebut.


    Pertama, dalam surat Al-Jumu'ah ayat 9-11, diterangkan bahwa hari Jumat adalah hari yang diwajibkan bagi umat Muslim untuk sholat. Sholat Jumat merupakan sholat yang dua kali lipat pahalanya dibandingkan sholat lainnya. Di hari Jumat, umat Muslim diwajibkan untuk meninggalkan berbagai aktivitas duniawi dan fokus pada ibadah kepada Allah.


    Keutamaan hari jumat dalam al-quran


    Kedua, dalam surat Al-A'raf ayat 162, diterangkan bahwa hari Jumat adalah hari yang dikhususkan untuk berdzikir kepada Allah. Dzikir pada hari Jumat dianggap lebih baik daripada dzikir pada hari lain. Oleh karena itu, umat Muslim diwajibkan untuk berdzikir dan berdoa kepada Allah pada hari Jumat.


    Ketiga, dalam surat Al-Baqarah ayat 203, diterangkan bahwa hari Jumat adalah hari yang dikhususkan untuk berbuat kebajikan. Umat Muslim diwajibkan untuk berbuat kebajikan pada hari Jumat dengan cara berinfak, bersedekah, dan melakukan amal baik lainnya.


    Keempat, dalam surat Al-Jumu'ah ayat 18, diterangkan bahwa hari Jumat adalah hari yang dikhususkan untuk berdamai. Dalam ayat tersebut, diterangkan bahwa umat Muslim diwajibkan untuk berdamai dan tidak boleh berkelahi pada hari Jumat.


    Kelima, dalam surat Al-Jumu'ah ayat 10, diterangkan bahwa hari Jumat adalah hari yang dikhususkan untuk mengingat hari kiamat. Umat Muslim diwajibkan untuk mengingat hari kiamat dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya pada hari Jumat.


    Secara keseluruhan, keutamaan hari Jumat dalam Al-Quran sangatlah banyak, mulai dari wajibnya sholat, dzikir, berbuat kebajikan, berdamai, dan mengingat hari kiamat. Oleh karena itu, umat Muslim diharapkan untuk senantiasa menjaga dan menghormati hari Jumat dengan melakukan segala kewajiban dan amalan yang telah disyariatkan.


    Keutamaan berdakwah pada hari Jumat dalam Al-Quran

    Keutamaan hari jumat dalam al-quran


    Selain itu, hari Jumat juga merupakan hari yang dikhususkan untuk menyampaikan khutbah (ceramah) oleh imam atau khatib di masjid. Khutbah Jumat adalah sarana untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam dan mengingatkan umat Muslim akan kewajiban dan amalan yang harus dilakukan.


    Selain itu, hari Jumat juga merupakan hari yang dikhususkan untuk beristighfar (meminta ampun) kepada Allah. Dalam hadits dari Rasulullah SAW, diterangkan bahwa barang siapa yang beristighfar sebanyak 100 kali pada hari Jumat, maka ia akan diampuni oleh Allah.


    Beberapa keutamaan lain dari hari Jumat yang diterangkan dalam Al-Quran adalah:


    1. Hari Jumat merupakan hari yang dikhususkan untuk berdzikir kepada Allah. Dzikir pada hari Jumat dianggap lebih baik daripada dzikir pada hari lain.
    2. Hari Jumat merupakan hari yang dikhususkan untuk berbuat kebajikan. Umat Muslim diwajibkan untuk berbuat kebajikan pada hari Jumat dengan cara berinfak, bersedekah, dan melakukan amal baik lainnya.
    3. Hari Jumat adalah hari yang dikhususkan untuk berdamai dan tidak boleh berkelahi.
    4. Hari Jumat adalah hari yang dikhususkan untuk mengingat hari kiamat dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya.
    5. Hari Jumat merupakan hari yang dikhususkan untuk beristighfar (meminta ampun) kepada Allah dan diampuni oleh-Nya.
    6. Hari Jumat merupakan hari yang dikhususkan untuk mendapatkan pahala yang besar dari Allah.
    7. Hari Jumat merupakan hari yang dikhususkan untuk memperoleh keberkahan dari Allah.
    8. Hari Jumat merupakan hari yang dikhususkan untuk mendapatkan perlindungan dari Allah.


    Semua keutamaan yang diterangkan dalam Al-Quran tersebut menunjukkan betapa besarnya martabat hari Jumat dalam agama Islam. Oleh karena itu, umat Muslim diharapkan untuk senantiasa menjaga dan menghormati hari Jumat dengan melakukan segala kewajiban dan amalan yang telah disyariatkan. Jika kita mampu menjaga hari Jumat dengan baik, insya Allah kita akan mendapatkan pahala yang besar di dunia dan akhirat.


    surat Al-Jumu'ah Ayat 9-11 dalam Al-Quran


    Surat Al-Jumu'ah ayat 9-11 dalam bahasa Arab:


    إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ


    وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمِّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا


    وَإِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَقَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ


    Artinya:


    "Apabila diserukan untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah perdagangan.


    Jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau berjabat tangan dengan wanita, maka kamu tidak dapat menemukan air (untuk wudhu), maka berkumurlah dengan tanah yang baik. Kemudian bersihkanlah wajah dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun.


    Dan apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, kemudian dia berkata: "Wahai Rabbku, kembalikanlah aku (ke dunia)".


    Maka Allah akan menjawab: "Sudahkah kamu tidak bersumpah untuk tidak pernah kembali (ke dunia) lagi? Dan sudahkah kamu tidak berkata: 'Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'un (Sesungguhnya kami datang dari Allah dan kepada-Nya kami kembali)?' "


    Ayat-ayat tersebut menegaskan pentingnya shalat Jumat yang diwajibkan bagi umat Muslim yang mukallaf (dewasa dan berakal). Namun, jika ada kondisi tertentu yang membuat seseorang tidak dapat mengerjakan shalat Jumat, maka dia dibebaskan dari kewajiban tersebut. Dalam ayat ke-11 dijelaskan bahwa ketika seseorang meninggal dunia, maka dia tidak akan kembali lagi ke dunia. Oleh karena itu, umat Muslim diharapkan untuk selalu bersiap dan bersedia untuk menghadap Allah dan meninggalkan dunia yang fana ini.


    Keutamaan membaca surat Al-Jumu'ah dalam Al-Quran

    Keutamaan hari jumat dalam al-quran


    Salah satu keutamaan yang diterangkan dalam Al-Quran adalah keutamaan membaca surat Al-Jumu'ah.


    Surat Al-Jumu'ah dalam Al-Quran ditempatkan pada surat ke-62 dalam Al-Quran yang terdiri dari 11 ayat. Surat ini merupakan surat yang diturunkan di Madinah dan ditujukan kepada umat Muslim yang tinggal di sana. Surat ini diwahyukan untuk memberikan peringatan dan arahan kepada umat Muslim agar selalu mengingat kewajiban shalat Jumat dan menjaga ketaatan pada hari itu.


    Membaca surat Al-Jumu'ah dalam Al-Quran dianjurkan pada hari Jumat sebagai bentuk ibadah yang dapat menambah pahala bagi umat Muslim. Menurut hadis Rasulullah SAW, barangsiapa yang membaca surat Al-Jumu'ah pada hari Jumat maka dia ia akan diterangi dengan cahaya yang sama dengan cahaya yang diterangi oleh 70 orang pada hari kiamat. Selain itu, dalam hadis lain diterangkan bahwa barangsiapa yang membaca surat Al-Jumu'ah pada hari Jumat, maka dia akan diterangi cahaya di antara dua hari Jumat.


    Selain itu, membaca surat Al-Jumu'ah dalam Al-Quran juga dapat membantu umat Muslim untuk mengingat kewajiban shalat Jumat yang merupakan rukun Islam yang wajib. Dalam surat Al-Jumu'ah diterangkan bahwa shalat Jumat merupakan bentuk ibadah yang dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan selama satu minggu. Selain itu, shalat Jumat juga merupakan cara untuk mengingat Tuhan dan berdzikir kepada-Nya.


    Selain itu, membaca surat Al-Jumu'ah dalam Al-Quran juga dapat membantu umat Muslim untuk meningkatkan ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah Tuhan. Dalam surat Al-Jumu'ah diterangkan bahwa barangsiapa yang meninggalkan shalat Jumat tanpa alasan yang dibenarkan, maka dia telah melakukan kezaliman terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, umat Muslim diharapkan untuk selalu mengingat kewajiban shalat Jumat dan menunaikannya dengan baik.


    Dalam kesimpulannya, membaca surat Al-Jumu'ah dalam Al-Quran merupakan bentuk ibadah yang dapat menambah pahala dan meningkatkan ketaatan umat Muslim. Oleh karena itu, umat Muslim diharapkan untuk rutin membaca surat Al-Jumu'ah pada hari Jumat sebagai bentuk mengingat kewajiban shalat Jumat dan menjaga ketaatan pada hari yang istimewa tersebut.


    Kategori Artikel : 


    Keutamaan shalat Jumat dalam Al-Quran Kebaikan dalam berdzikir pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan berpuasa pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan membaca surat Al-Jumu'ah dalam Al-Quran Keutamaan menunaikan hajat pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan berdoa pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan berdakwah pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan menyambut hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan menjaga ketaatan pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan mengambil hikmah dari hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan memperbanyak dzikir pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan berbagi kebaikan pada hari Jumat dalam Al-Quran Keutamaan berdzikir pada hari Jumat dalam Al-Quran.
    LihatTutupKomentar