-->

2+ Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Singkat

    Ingin membuat cerpen pengalaman pribadi tapi bingung bagaimana caranya? Jangan khawatir, simak berbagai contohnya dalam artikel ini, yuk!

    Cerpen Pengalaman Pribadi Singkat
    Cerpen Pengalaman Pribadi Singkat



    Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Singkat


    Cerita pendek alias cerpen adalah karya sastra yang selalu menarik untuk dibahas.


    Jenis cerita ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik itu sebagai tugas sekolah atau hanya sekadar sebagai sarana hiburan.


    Jika dibandingkan dengan karya novel, perbedaan cerpen yang utama adalah jumlah katanya yang lebih sedikit.


    Selain itu, cerpen dan novel juga berbeda karena cerpen memiliki konflik yang lebih singkat.


    Secara umum, ciri-ciri cerpen adalah memiliki jalan cerita yang ringkas, terdiri dari 2-3 tokoh saja, serta konflik yang sederhana.


    Ada banyak peristiwa yang bisa diangkat menjadi cerpen. Salah satunya cerita mengenai pengalaman pribadi.


    Dilansir dari berbagai sumber, berikut contoh cerpen pengalaman pribadi.


    Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Singkat dan Menarik

    Cerpen Pengalaman Pribadi Singkat
    Cerpen Pengalaman Pribadi Singkat



    1. Kesal Kepada Kakak


    Namaku adalah Andi. Setiap hari aku bangun pagi dan melakukan aktivitas seperti biasa. Mulai dari membersihkan tempat tidur, bersih-bersih dan belajar sedikit untuk pelajaran hari ini.


    Akan tetapi, akhir-akhir ini aku sulit belajar karena kakakku Dian yang tiap pagi bangun siang dan tidak melakukan apa pun.


    Suatu hari, kak Dian bangun saat aku sedang menyapu rumah.


    Masih dengan mengucek mata, ia melewati debu dan kotoran yang sudah aku kumpulkan dari hasil menyapu dan membawanya di kakinya ke area rumah yang sudah kusapu. Tanpa ucapan maaf.


    Akhirnya aku merasa kesal dengan Kak Dian dan memarahinya. Ibu kemudian datang dan menanyakan apa yang terjadi.


    Aku menceritakan permasalahan dan ibu merasa aku sedikit berlebihan. Akhirnya sapu kutinggal dan aku menyendiri di kamar.


    Ayah kemudian datang menghampiriku dan bertanya mengenai apa yang terjadi. Aku ceritakan semua kekesalanku yang akhirnya memuncak pagi ini.


    Akhirnya ayah tahu apa yang membuatku merasa tidak adil. Ia memanggil kak Dian yang sedang minum air putih dan memintaku duduk di kursi.


    Ayah kemudian memulai menyelesaikan masalah kami, menanyakan mengapa kak Dian baru bangun. Kak Dian meletakkan gelas minumnya dan menceritakan.


    Ternyata, Kak Dian sedang membuat sebuah proyek bersama dengan rekannya.


    Aku akhirnya mengerti mengapa Kak Dian bangun siang. Akan tetapi ayah tetap memberikan hukuman pada kak Dian.


    Kak Dian harus belajar bahwa tanggung jawab rumah tetap harus dilaksanakan dan ia harus bisa mengatur waktu dengan lebih baik.


    Akhirnya Kak Dian meminta maaf padaku dan berjanji akan mengatur waktu dengan lebih baik.


    Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Horor: Hantu Kos


    Aku akhirnya diizinkan untuk ngekost oleh orangtua pada semester tengah. Karena di semester empat banyak kegiatan malam yang harus kulakukan.


    Sebelumnya, aku tidak pernah ngekost. Aku selalu berangkat dari rumah sendirian dengan mengendarai sepeda motor karena rumahku lumayan jauh dari kampus.


    Kostan yang aku pilih letaknya tidak terlalu jauh dengan kampus.


    Kira-kira hanya membutuhkan waktu sepuluh menit jika berjalan kaki. Aku satu kamar dengan temanku, Shahnaz namanya. Meskipun berbeda jurusan tapi bagi begitu dekat dan akrab.


    Setelah merapikan barang, aku mulai beraktivitas seperti biasanya.


    Tepatnya hari minggu, pertama kalinya aku menginap di kostan. Pada malam hari, aku terbangun dari tidur.


    Aku melihat sesosok hantu berkepala tanpa tubuh yang melayang di samping lemari pakaian.


    Aku sangat ketakutan dan ingin berteriak, tapi tidak bisa. Rasanya suaraku tertahan di tenggorokan. Aku ingin membangunkan Shafira, tapi tangan ini pun tidak bisa bergerak.


    Lalu aku putuskan untuk menutup mata dan berdoa. Setelah membuka mata, Alhamdulillah hantu itu sudah tidak ada. Kemudian aku melanjutkan tidur sambil berdoa.


    Aku merasa bersalah karena sebelum terlelap tidak membaca doa tidur terlebih dahulu.


    Sejak saat itu aku sering sholat dan mengaji bersama Shahnaz supaya kami tidak diganggu lagi oleh hantu yang aku lihat.



    Nah, itulah berbagai contoh cerpen pengalaman pribadi singkat yang menarik.


    Artikel Menarik Lainnya : 


    Cerpen Pengalaman Pribadi

    Cerita Pendek Tentang Persahabatan

    Cerpen Pengalaman Pribadi

    Cara Membuat Cerita Berdasarkan Pengalaman Pribadi

    Contoh Cerita Pengalaman Pribadi

    LihatTutupKomentar