-->

Contoh Pengertian Email Marketing Terbaru


    Pengertian Email Marketing

    Email Marketing
    Email Marketing


    Pengertian Email Marketing - simpelnya itu email marketing adalah suatu pesan email yang berisikan message penawaran (komersil) yang kita kirimkan kepada pelanggan atau calon pelanggan (new customer,potential buyer,dll) Pesan yang kita kirimkan berupa info tentang suatu produk yang kita tawarkan bisa juga promo-promo atau event yang sedang berlangsung dengan tujuan agar kita tetap terhubung dengan pelanggan tersebut. Pesan yang kita kirim dengan email marketing jauh terkesan lebih personal karena direct menuju email pelanggan kita, lebih on point lah istilahnya gitu..

    .


    Selain itu juga email marketing jika kita terus lakuka, secara terus menerus dapat mengundang pelanggan yang pasif hingga tumbuh minat untuk melakukan pembelian produk kita. Meningkatkan konversi bisnis kita istilah digial marketingnya gitu guys!


    Email Marketing Adalah

    Email Marketing
    Email Marketing


    Merupakan sebuah cara pemasaran yang murah namun sangat efektif, walaupun sarana promosi sudah banyak saat ini seperti google ads, fb  ads, dan periklanan lainnya, tetap saja email marketing merupakan aspek penting dalam bisnis digital. Karena dibandingkan cara promosi iklan lainnya, email marketing lebih tertarget. Dan jika kita konsisten melakukannya minimal kita dapat menjaga customer kita agar mereka tetap setia.


    Manfaat Email Marketing

    Email Marketing


    Jika kalian ingin melakukan kampanye digital marketing, email marketing merupakan cara agar kita bisa memaksimalkan kampanye digital marketing yang kita lakukan. Bahkan bagi kalian para pemula yang tidak punya toko atau tempat usaha email marketing tetap bisa dilakukan, selama kalian punya produk ataupun jasa yang bisa kalian tawarkan kepada pelanggan.

    Berikut ini beberapa manfaat email marketing yang sangat fundamental sekali untuk kampanye digital marketing :

    1. Sangat Mudah Memperoleh Data Pelanggan

    Data merupakan aspek penting dalam suatu bisnis digital, dan email marketing mampu memprovide itu dengan salah satu fiturnya yaitu berlangganan newsletter (subscribe), kita gunakan fitur berlangganan agar mendapatkan email dari pelanggan secara murah. Namun agar si pelanggan mau subscribe atau berlangganan landing page kita harus bagus terlebih dahulu, sodorkan informasi yang to the point dalam copywriting yang anda buat, sebelum nantinya si pelanggan memasukkan emailnya untuk berlangganan. 

    Agar data pelanggan anda dapatkan secara detail, dalam form newsletter, kalian bisa tambahkan gender, umur,hobi,income dan informasi lainnya yang berkaitan dengan bisnis anda jika diperlukan ya....

    *Tips agar pelanggan mau mengisikan data email mereka : berikan penawaran promo ataupun diskon, jika mereka tertarik syaratnya harus mengisikan email dan data-data terkait diatas ya!

    Lewat email marketing, Anda dapat memperoleh data pelanggan dengan lebih mudah. Anda dapat memanfaatkan fitur berlangganan newsletter untuk memperoleh alamat email para pelanggan secara cuma-cuma. Anda juga dapat memodifikasi form newsletter Anda dan menambahkan kolom nama, umur dan jenis kelamin untuk memperoleh informasi lain yang Anda perlukan. Tentunya, pelanggan akan lebih tertarik untuk mengisi form yang Anda buat apabila ada keuntungan lebih seperti voucher diskon.

    2. Menjaga komunikasi dengan pelanggan

    Manfaat kedua dari email marketing adalah kita bisa terus menjalin komunikasi dengna para pelanggan kita, ini berguna untuk mempertahankan pelanggan kita yang sudah ada agar mereka tidak kabur guys! Menjadi pelanggan setia gitu lah istilahnya. 

    Cara menjalin komunikasi dengan pelanggan seperti ini :

    data data yang sudah kalian dapatkan dari form newsletter, kalian periksa analyticnya, disitu nanti akan terlihat pelanggan mana yang sudah lama tidak melakukan aktivitas pembelian. Kalian bisa datangi pelanggan lama tersebut dengan mengirimkan promo atau voucher gift atau diskon yang kalian tawarkan kepada mereka. Tujuannya agar mereka kembali melakukan pembelian dengan harga diskon ga masalah yang penting customer terjaga dan tetap balik belanja dikita.

    Kalian bisa kirimkan saja gift promo diskon tersebut ke email pelanggan, jejali pelanggan lama kita dengan inbox penawaran yang sulit untuk mereka tolak. Disini peran copywriting dan juga desain konten harap diperhatikan, kata kata clickbait ataupun juduk yang menarik menjadi cara ampuh agar email kita di notice pelanggan.


    3. On Point langsung kepada pelanggan (lebih personal istilahnya)

    ini adalah kekuatan dari metode email marketing, yaitu langsung tertuju pada pelanggan tertarget. selain itu juga lebih terkesan personal jadi seakan-akan pelanggan itu benar-benar dilayani secara premium oleh kita karena penawaran yang kita tawarkan itu spesial dan terbatas...

    4. Sangat Menghemat sekali biaya Dibandingkan Digital Ads

    Ya, manfaat yang paling keren dari email marketing buat saya pribadi adalah biaya yang murah dibandingkan penawaran promo produk menggunakan digital ads, data yang kita dapatkan dari email marketing juga dapat di ukur, seperti CTR, conversion rate, dan juga data personal pelanggan lainnya.

    Selain itu biaya iklan dengan media cetak itu harus keluar ongkos yang besar seperti spanduk, brosur banner dan sebagainya. Dengan email marketing kita bisa lakukan itu dengan lebih hemat biaya dan bisa dilakukan oleh pemula. Jika kalian terkendala masalah desain template produk, tools email marketing yang ada saat ini sudah banyak yang memfasilitasi hal tersebut.

    Itulah tadi beberapa manfaat email marketing sebenarnya masih banyak manfaat lainnya, namun bagi saya pribadi 4 manfaat email marketing diatas adalah yang paling fundamental.

    Jenis Email Marketing

    Email Marketing
    Email Marketing


    Anda tertarik menggunakan email marketing dalam meningkatkan sales anda? sabar dulu ya, kalian kenali dulu jenis jenis email marketing agar bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan pemasaran yang ingin anda lakukan, berikut ini beberapa jenis email marketing yang bisa anda coba :


    Newsletter Email Marketing

     

    Email Marketing
    newsletter Email Marketing 



    jenis email marketing ini cocok banget untuk mengirimkan update update konten informasi kepada pelanggan. Jenis content marketing yang kalian kirimkan harus menarik minat pembaca dibuat tidak bertele-tele dan relate dengan usaha yang sedang anda tawarkan. Penggunaan call to action jangan sampai ketinggalan ya di jenis marketing ini. Konten dengan visual bisa kalian sisipkan juga agar informasi produk yang kalian bagikan lebih dapat ditangkap pesannya.


    Special Offer (penawaran khusus terbatas spesial banget)

     

    Email Marketing
    special offer Email Marketing 

    Jenis email marketing ini kalian coba jika kalian ingin mendapatkan sales dari pelanggan atau calon pelanggan anda, dengan membanjiri mereka dengan pesan penawaran khusus yang begitu spesial. Jangan lupa ya kalian sisipkan manfaat dari spesial offer yang kalian tawarkan, seperti jika penawaran ini diambil si pembeli dapet keuntungan seperti apa, supaya si calon pembeli semakin merasa tertarik lagi untuk membeli.


    Welcome Email (email ucapan selamat bergabung atau selamat datang)

    Email Marketing
    jenis  Email Marketing selamat bergabung

    Jenis email marketing ini biasanya digunakan untuk pelanggan baru yang berlangganan di tempat kita. atau pembeli yang baru saja melakukan pembelian pertama dengan kita. Penggunaan welcome email ini bagus banget untuk menjalin hubungan agar lebih personal dengan customer baru, selain itu juga dalam konten welcome email kita bisa tawarkan produk atau layanan jika customer tersebut terus berbelanja ditempat kita. Dengan begitu si pembeli baru ini merasakan nilai tambah yang mereka dapatkan dari transaksi pembelian yang telah mereka lakukan.


    Memberikan kesan pertama dalam welcome email itu cukup penting karena ini berkaitan tentang brand kalian dan juga hubungan kalian dengan pelanggan baru ini nantinya.


    Event Email Promote


    Mengajak pelanggan kita untuk mengikuti undangan acara atau event yang kita lakukan. Seperti misalkan sedang musim lebaran, atau tahun baru, kalian bisa gunakan promosi event lebaran atau tahun baru sebagai ajang promosi yang wah pada pelanggan kita.


    Dalam content marketing jenis email ini kalian usahakan tonjolkan keunggulan event ini jika audiens mengikutinya, keuntungan yang mereka dapatkan, serta tawaran menarik lainnya bisa kalian tawarkan secara jor-joran disini. Tampilkan juga dengan visual yang menggugah mata audiens anda, dengan begitu pesan yang ingin kita sampaikan lebih mudah diterima mereka.


    Update Produk atau layanan
    Email Marketing
    update  Email Marketing


     

    jenis email marketing ini biasanya berupa pengumuman bagi para pelanggan lama kita yang telah setia menjadi customer loyal kita. Jenis email marketing ini cocok untuk memaintain pelanggan lama, karena setiap update terbaru kita kirimkan kepada mereka, selain mempertahakan brand kita, jenis email marketing ini juga untuk meningkatkan sales juga bisa sih...

    Jangan lupa sertakan tautan link menuju landing page kalian jika kalian menggunakan jenis email marketing ini ya...


    Email Survey


    Jenis email marketing ini merupakan ajakan untuk mengisi survey kepada pelanggan kita, data dari survey yang diberikan bisa kita jadikan rujukan untuk peningkatan produk dan juga kita bisa lebih dalam lagi mengetahui apa yang diingkan audiens kita. USahakan dalam email survey jangan dibuat terlalu panjang ya, karena biasanya orang males isi survey yang terlalu panjang, usahakan yang penting-penting aja di tanyakan dalam survey...

    Email Marketing
    survey  Email Marketing

    Jenis email marketing ini merupakan ajakan untuk mengisi survey kepada pelanggan kita, data dari survey yang diberikan bisa kita jadikan rujukan untuk peningkatan produk dan juga kita bisa lebih dalam lagi mengetahui apa yang diingkan audiens kita. USahakan dalam email survey jangan dibuat terlalu panjang ya, karena biasanya orang males isi survey yang terlalu panjang, usahakan yang penting-penting aja di tanyakan dalam survey...



    Cara Kerja Email Marketing


    Cara kerja email marketing itu simpel banget, berikut ini alur cara kerja email marketing secara umum ya guys :


    • Email pastikan bisa diakses, dan tulislah pesan yang ingin anda sampaikan, jenis pesan seperti apa kalian bisa lihat jenis jenis email marketing diatas ya, cocokan dengan kebutuhan audiens anda.
    • Setelah pesan anda buat, kalian bisa share atau send menuju alamat email audiens anda (data-data email audiens harus anda sudah pegang ya)
    • Email-email tersebut sudah tersebar ke email audiens anda, sekarang anda tinggal lihat analytic email marketing anda hasilnya seperti apa berdasarkan konten email marketing yang sudah anda kirimkan sebelumnya. PRosesnya kurang lebih 7-10 Hari biasanya sudah dapet data analyticnya secara menyeluruh, tergantung seberapa banyak anda mengirim emailnya juga sih


    Contoh Email Marketing Yang Menarik


    berikut ini beberapa contoh email marketing yang menarik dikemas simpel tapi on point banget bisa kalian jadikan referensi untuk pembuatan email marketing yang jauh lebih menarik lagi ya :

    Email Marketing
     contoh email marketing yang menarik


    Email Marketing
     contoh email marketing yang menarik

    Email Marketing
     contoh email marketing yang menarik

    Email Marketing
     contoh email marketing yang menarik


    LihatTutupKomentar