-->

Cara Bikin Konten yang Menarik untuk Jualan di TikTok




    Cara Bikin Konten yang Menarik untuk Jualan di TikTok


    Cara Bikin Konten yang Menarik untuk Jualan di TikTok - Tips jualan di TikTok yang selanjutnya adalah fokus pada membuat konten yang menarik untuk pengguna TikTok. SImak Dibawah ini tipsnya

    Tentukan tipe konten tiktok


    Ada beragam konten TikTok yang bisa kamu buat, seperti: behind the scene (di belakang layar), edukasi, dan tutorial. 

    • Behind The Scene, maksudnya menampilkan pembuatan produkmu. Model konten ini cukup menarik perhatian, karena generasi milenial dan Z terpapar yang disebut kepo. Mereka selalu ingin tahu dengan produk yang dipergunakannya. Menampilkan dapurmu di TikTok, akan sangat membantu memasarkan produkmu.
    • Edukasi, sesuai namanya memberikan pendidikan tertentu. Kamu bisa memberikan edukasi mengenai produk yang kamu jual melalui TikTok.
    • Tutorial, kalau yang ini adalah langkah-langkah penggunaan. Tentu saja produkmu butuh untuk ditunjukkan tutorial penggunaannya, dan itu menarik untuk dibuat konten. 




    Tentu kamu merasa bahwa ketiganya penting dalam mempromosikan brand dan produkmu. Tetapi jika membuat ketiganya, maka TikTok kamu menjadi tidak khas. Maka daripada kebingungan lebih baik memilih salah satu dari ketiga model konten di atas. Konsumenmu tidak akan menjadi bingung, dan bahkan mencarimu karena ciri khas konten tersebut. 

    Pergunakan filter, effect, dan sound (lagu) yang sedang viral di TikTok


    TikTok dilengkapi dengan aneka filter, effect, dan lagu, yang bergantian viralnya. Uniknya di TikTok, dengan menggunakan hal viral tersebut, maka konten kamu bisa ikut terkerek naik popularitasnya. Maka jangan abaikan penggunaan fasilitas-fasilitas tersebut. 






    Jualan di TikTok memang berurusan dengan semua hal yang viral. Kamu sebagai pebisnis online harus benar-benar cermat memanfaatkan kesempatan viral tersebut. Ketinggalan hal yang viral, maka kesempatanmu untuk membangun brand awareness juga akan berlalu begitu saja. 

    Manfaatkan fitur Stitch tiktok


    Fitur satu ini juga sangat membantu untuk menaikkan pamor kontenmu di TikTok. Stitch adalah fitur yang bisa membuat kamu menampilkan video orang lain, tetapi hanya berbatas waktu selama 5 detik. 

    Nah, karena bisa menampilkan video orang lain, kamu bisa memilih video yang sedang viral, dan kemudian menggabungkan dengan video milikmu. Bisa saling menguntungkan, bukan? 

    Buat hashtag challenge tiktok


    Tak hanya mengikuti yang viral di TikTok, kamu juga bisa memberikan tantangan kepada para TikToker dengan membuat Hashtag Challenge. Alias kamu menciptakan keviralan itu sendiri. Tujuan dari memberikan tantangan untuk para TikToker, adalah menciptakan brand awareness mereka terhadap bisnismu. 





    Hashtag Challenge juga bermanfaat untuk mengetahui seberapa banyak konsumen yang tertarik dengan bisnismu. Jika kamu bandingkan dengan survei pelanggan langsung, ini adalah cara yang efektif dan tidak memerlukan banyak biaya. 

    Kerjasama dengan influencer


    Lahirnya media sosial baru, tentu akan melahirkan pula influencer-influencer baru. Mereka memiliki banyak follower yang berpotensi untuk meningkatkan penjualan produkmu. Maka berjualan di TikTok juga tak terpisah dengan kerjasama dengan influencer.

    Kalau sudah bekerja sama dengan influencer, tentunya kamu harus mengeluarkan sejumlah dana untuk membayarnya. Jangan merasa sayang, sebab promo memang selalu membutuhkan dana. Apalagi jika kamu meng-hire influencer yang tepat, produkmu akan mengalami lonjakan permintaan. 

    Rutin membuat konten tiktok


    Media sosial adalah urusan kerutinan. Semakin sering kamu membuat konten, maka akan semakin besar kemungkinan untuk dilihat. Maka buat jadwal tetap untuk upload konten di TikTok. Jika memungkinkan buat konten setiap hari, dan unggah saat jam tertentu. Untuk jamnya pun kamu harus menyesuaikan dengan jam di mana ada banyak penonton.




    Kemungkinan orang untuk melihat konten TikTok kamu pun akan lebih besar karena konten yang kamu buat lebih banyak. Jadi, selalu cari ide untuk konten, dan buat jadwal untuk membuat konten. Tepati jadwal tersebut, dan akan makin banyak orang melihat konten TikTok-mu. 

    Gunakan TikTok Ads


    Jualan di TikTok juga bisa memanfaatkan ads, sebagaimana media sosial lainnya. Tentu saja akan ada biaya untuk penggunaan ads tersebut. Namun mengingat jangkauan pemasaran yang bisa kamu capai, tentu akan seimbang dengan hasil penjualan yang akan kamu peroleh. Berikut adalah beberapa Tiktok Ads yang bisa kamu pergunakan, untuk mengerek penjualanmu:

    Konten Tiktok Branded AR Content


    Adalah stiker yang kamu bisa membuatnya sendiri di TikTok, dengan menggunakan nama brand kamu. Selanjutnya stiker tersebut, bisa kamu tawarkan kepada pemakai TikTok. Jika stiker kamu menarik tentu akan banyak TikToker yang menggunakannya. Sehingga makin banyak orang yang tahu brand kamu.  

    Konten Tiktok In-Feed Video


    Iklan ini tampil berbaur dengan video-video TikTok yang berada di FYP (For You Page). Dengan menggunakan TikTok Ads ini, pengguna TikTok dapat melakukan interaksi denganmu, seperti memberi like atau komentar atas iklan brand kamu. 

    Konten Tiktok Brand Takeover


    Iklan dengan menggunakan TikTok Ads ini, akan muncul di awal video. Tampilannya penuh (full screen) tetapi durasinya singkat, antara 3 sampai 5 detik saja, dan pengguna bisa melakukan skip atas iklan tersebut. Karena waktu iklan yang singkat dan bisa di-skip, maka sampaikan pesan yang singkat pula, iklan yang menarik, disertai tautan untuk menuju website jualan atau kemanapun sesuai tujuan iklan. 

    Konten Tiktok Hashtag Challenge


    Iklan ini wujudnya memberikan tantangan kepada TikToker untuk membuat video dengan tema tertentu, kemudian diberikan hashtag seperti #glowupchallenge, #sama-samabelajar, dan sebagainya. Iklan ini akan muncul di bagian paling atas halaman Discovery. Dengan semakin banyak TikToker yang mengikuti Hashtag Challenge yang bisnismu buat, maka akan meningkatkan brand awareness.
    LihatTutupKomentar