-->

Koleksi Puisi Ibu Sangat Menginspirasi Hati ~ Kumpulan Puisi


    Puisi Ibu Inspirasi Hati - Peran seorang ibu sangat penting dalam tumbuh kembang seseorang. Tidak bisa dipungkiri bahwa ibu merupakan sosok terpenting dalam kehidupan seseorang, dia yang merawat, menjaga serta melahirkan kita dengan penuh pengorbanan yang tak terhingga.

    puisi ibu

    Sebagai seorang anak sudah seharusnya untuk menjaga serta merawat sang ibu. Puisi ibu tercinta merupakan ekspresi jiwa atas sosok sang ibu yang sangat penting dalam kehidupan. Semoga puisi tentang ibu dibawah ini dapat memberikan inspirasi kita dalam merenungi tentang kehadiran seorang ibu bagi kehidupan kita.

    Kumpulan Puisi Ibu

    Tunjukkan kepedulian kita terhadap sang ibu tercinta lewat sebuah kata-kata dalam puisi ibu tersayang dibawah ini. Ada banyak referensi cinta dan kehidupan dikala menikmati puisi ibu dibawah ini...

    1. Sang Pendidik

    Ibu...
    Engkau telah melihat anakmu ini tertawa lepas
    Engkau juga pernah menyaksikan anakmu ini menangis
    Dan, engkau senantiasa berada di sana bersamaku

    Kehadiran jiwa dan raga ini ke dunia berkat dirimu
    Maafkan daku
    Jikalau selama ini telah banyak merepotkanmu
    Dengan tega acap kali menyayat dan menyakiti hatimu
    Kini aku telah menyadari itu semua

    Sekelumit asa yang hendak aku sampaikan kepadamu
    Terima kasih atas ketulusanmu dalam membimbingku
    Aku berjanji tak akan pernah lagi mengecewakanmu
    Aku akan berusaha untuk menjadi yang terbaik

    Engkau bagaikan udara yang memberikanku napas di setiap detik
    Tanpamu aku tak akan ada di dunia ini
    Terima kasih untuk segenap cinta darimu
    Selamat hari ibu


    2. Pahlawan

    Aku tak tahu menahu apa yang mesti aku lakukan tanpa dia
    Dia yang senantiasa memahami aku
    Dia yang seakan tak pernah letih menasihatiku
    Dia yang selalu menjadi teman setiaku

    Dialah ibuku
    Orang yang senantiasa menjagaku
    Tanpa kehadirannya aku seolah merasa hampa
    Tanpa kehadirannya aku bukanlah apa-apa

    Aku hanyalah seorang manusia yang lemah
    Yang membutuhkan asupan kekuatan
    Kekuatan cinta kasih dari seorang ibu
    Kekuatan yang seolah menuntunku

    Engkau amatlah berharga bagiku
    Meskipun engkau tak jarang memarahi aku
    Aku tahu
    Demikian itu adalah secercah perhatian darimu
    Yang menandakan bahwasanya engkau peduli padaku


    3. Pil Penyemangat

    Ibu...
    Setiap aku terbaring lunglai
    Setiap aku terpukul oleh kerasnya palu dunia
    Kau mampu membangkitkanku kembali dengan kasihmu

    Tatkala aku terlarut akrab
    Aku tertipu oleh kebahagiaan dunia yang fana
    Kau juga kuasa menyambungkan kembali tali semangatku

    Tak peduli seberapa hancurnya diri ini
    Tak peduli seberapa sakitnya aku terjatuh
    Kau hadir kembali dengan kasih saying
    Dari setiap sentuhan jari jemarimu

    Tak akan pernah bisa aku membalas
    Membalas segenap cinta kasih
    Yang senantiasa engkau persembahkan untukku
    Terima kasih pil penyemangatku
    Terima kasih ibu


    4. Mentari Kehidupan

    Menyingsing di pagi buta
    Gelap dan dingin menyapa lembut tubuh ini
    Engkau seketika hadir
    Menyinari gelapnya pagi
    Melenyapkan dinginnya dunia
    Memerintahkan burung-burung mengusir alunan kesepian

    Engkau juga telah mengajarkan kami
    Tak peduli seberapa gelapnya hidup ini
    Sebab kau akan datang padaku
    Tak peduli seberapa dinginnya sikap mereka
    Sebab kau akan datang memelukku

    puisi ibu

    PUISI IBU MENYENTUH HATI

    Sosok ibu selalu berikan warna dalam kehidupan kita, lewat puisi ibu singkat dibawah ini kita gali lebih jauh lagi ungkapan perasaan tentang sosok ibu yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari...

    1. Sang Rembulan

    Ibu...
    Engkau bagaikan rembulan tatkala aku tersesat
    Engkau tuntun aku melewati jalan berliku
    Yang penuh oleh tumpukan batu

    Akulah sang pengukir mimpi itu
    Yang menghendaki bunyi berasal dari sunyi
    Yang hanyut oleh sekelumit kegelisahan
    Dan, manusia yang ditelan rasa bersalah

    Ucapanmu bak mutiara kehidupan
    Aku bahagia bersamamu ibu
    Aku berteduh di bawah naungan doamu
    Sebab engkaulah sinar hidupku


    2. Teruntuk Ibu

    Sungguh membingungkan bagiku
    Entah mesti bagaimana caraku membalas
    Semua yang telah ku beri
    Tak mungkin dapat menggantikan cinta kasihmu

    Ketulusanmu bagaikan awan putih pada tengah hari
    Kasih tulusmu seakan tersamarkan
    Akan tetapi dapat terasa bahkan membekas
    Perihal yang paling aku risaukan
    Tatkala aku tak kuasa membalas ketulusan hatimu
    Seberapa keras pun aku mencoba
    Tak akan pernah bisa melunasi segenap belaian dan depakan kasihmu

    Darimu aku belajar
    Bagaimana memberi tanpa mengharapkan balasan
    Bagaimana melindungi tanpa merisaukan diri
    Bagaimana menyayangi tanpa menghitung hari
    Terima kasih teruntuk ibuku
    Yang senantiasa hadir dalam cerita indah dan kelam hidupku

    3. Pengorbanan

    Jikalau diutarakan akan jasa dan pengorbananmu
    Maka tak akan mungkin ada ujungnya
    Berlimpah ruah pengorbanan yang telah kau lakukan
    Untuk kami, buah hatimu

    Tak terhitung sudah seberapa besar pengorbanannya
    Mengorbankan waktunya untuk menjaga kita
    Mengorbankan hobinya supaya bisa menjaga rahimnya
    Mengorbankan tenaga siang dan malam untuk merawat kita
    Mengorbankan waktu tidurnya yang berharga
    Hanya kerena mendengar suara tangisan dari mulut kita
    Dan, masih banyak lagi

    Hanya derai air mata yang dapat aku persembahkan
    Sebab aku hanya bisa membuat kau sakit hati
    Dengan sikap dan perilaku yang kurang pantas
    Aku ingin berubah sejak detik ini juga
    Maafkan anakmu ini wahai ibu
    Pengorbananmu tanpa mengharap balas jasa

    puisi ibu

    PUISI SINGKAT HARI IBU

    Puisi ibu singkat merupakan ungkapan hati dan perasaan kepada sang ibu dalam balutan kata-kata puisi yang singkat namun tetap penuh makna indah didalamnya

    1. Surat Cinta Untuk Ibu

    Aku terjatuh, Ibu
    Aku menangis sesenggukan
    Dipangkuanmu, Ibu
    Aku senantiasa mengadu
    Dipelukmu, Ibu

    Pernah suatu ketika aku terbang
    Terbang mengawang-awang
    Menelantarkanmu dengan secuil amarah

    Tetapi, Bu
    Aku mengambang
    Tuhan telah mencelakkan penglihatan ini
    Untukku melihat dan mengingat

    Darahku adalah darahmu
    Daging yang membalutku adalah dagingmu jua
    Pikiranku yang alot juga pikiranmu
    Hatiku yang tegar adalah rakitanmu, ibu

    Kita sudah seyogiyanya sama, ibu
    Engkau yang menua adalah tempatku untuk belajar
    Melihat sosokmu yang kini seakan mulai rapuh
    Senyummu merupakan acuan dari segala kekuatanku
    Kekuatan untuk mengalahkan dunia

    2. Jeritan Hati

    Hari ini mendadak aku melihat
    Matamu yang begitu sayu menyambut pagi
    Karena semalam engkau kembali dini hari
    Senantiasa bersimpuh kepada sang pencipta
    Untuk memberkahi datangnya hari ini

    Senyummu semakin mengembang
    Tatkala menyambut kami
    Peluhmu kau usap setiap memeluk kami
    Bibirmu acap kali mengenai pipi
    Setiap engkau meninggalkan kami
    Tak membiarkan satupun nestapa menghantui

    Kebahagiaan itu hanya berani menggumam dalam jantung hati
    Jikalau engkau menangisi
    Ingatlah, ini hanya sekadar tulisan
    Yang tak perlu engkau puji

    Ingat, ini hanyalah sekadar untaian kata
    Tak akan sebanding dengan segenap perjuanganmu

    Hingga detik ini mungkin aku bukanlah anak yang berbakti
    Akan tetapi aku sungguh mencintaimu, ibu

    Itulah tadi beberapa puisi tentang ibu yang sarat makna kehidupan. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk membahagiakan sosok ibu tercinta. Selain puisi diatas ada juga puisi seru lainnya seperti : Puisi Pendek Islami Bahan Renungan Hati dan juga Kumpulan Puisi Cinta Romantis Untuk Pacar Tersayang


    LihatTutupKomentar