-->

Memperingati Isra Mi'raj Peristiwa Penting Kisah Perjalanan Nabi Muhammad Menerima Perintah Salat

    Memperingati Isra Mi'raj



    Peringatan Isra Mi'raj 2023



    Mengenang perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Isra merupakan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerusalem. Sedangkan Mi'raj merupakan perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam. 

    Hampir dua tahun wabah corona melanda negeri ini. Bangsa ini, mungkin tengah berduka dengan segala problem covid-19 dan segala hiruk pikuknya yang membuat masyarakat menderita. Namun, yang menjadi titik balik adalah bukan dari masalah wabahnya, tapi bagaimana cara menyelesaikan agar wabah tersebut segera tertangani dan secepatnya terbebas dari belenggu pandemi.

    Peringatan Isra Mi'raj 2023

    Sejauh ini, segala upaya memang telah dilakukan oleh Pemerintah mulai dari penerapan protokol kesehatan, melakukan test kesehatan, hingga pembatasan wilayah dengan prosedur khusus. Namun, belum membuahkan hasil yang cukup baik, karena jumlah masyarakat yang terkonformasi posiitif kian hari kian meningkat.


    Peringatan Isra Mi'raj 2023

    Peringatan Isra Mi'raj 2023

    Peringatan Isra’ Mi’raj yang pastinya menjadi momentum sekaligus pengingat bagi kita sebagai kaum muslim, untuk kembali melakukan introspeksi.

    Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari Isra Miraj sesuai dengan kondisi terkini, termasuk pandemi Covid-19 dengan variannya, seperti berbagai cobaan yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebelum Isra Miraj, yang merupakan ujian untuk meningkatkan keimanan. Sama seperti wabah virus corona, sebaiknya dimaknai sebagai cobaan untuk meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT.

    Fenomena pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia hampir 2 tahun, memberikan isyarat penting tentang bersatunya ilmu pengetahuan dengan ilmu agama. Dua ilmu tersebut secara bersama-sama melawan Covid-19. 

    Peringatan Isra Mi'raj 2023

    Tehnologi dan sains telah menghasilkan temuan serta analisis ilmiah mengenai anatomi Covid-19, termasuk penemuan vaksin terhadap virus, sedangkan agama, melalui ajaran yang dipahaminya memandu umatnya untuk melawan Covid-19 ini. 

    Dalam konteks Islam, instrumen religius yang dimiliki, seperti shalat, menjadi medium untuk mendekatkan seorang hamba kepada Allah. Aktivitas rohani yang berdimensi vertikal (ibadah) ini menjadikan batin seseorang dalam kondisi tenang dan nyaman.  Hal ini pula sejalan dengan keterangan para ilmuwan kesehatan yang menyebutkan ketenangan jiwa menjadi pendorong lahirnya imunitas di dalam tubuh. 

    Aktivitas shalat dan ibadah lainnya, seperti dzikir kepada Allah dalam situasi Covid-19, menjadi salah satu instrumen untuk menguatkan bangunan keimanan kepada Allah. Keyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini atas kehendak Allah, sebagaimana dalam firman Allah “Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu” (Qs. Ali ‘Imran [3]: 165), menjadikan diri manusia lebih pasrah, ikhlas, dan senantiasa optimistis berikhtiar secara lahir dan batin.

    Peringatan Isra Mi'raj 2023

    Di bagian yang lain, sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia, sikap terbuka kalangan agamawan terhadap wabah ini menunjukkan sikap  yang dewasa dan bijak. Kebijakan beribadah di rumah pada saat awal pandemi, termasuk menjaga jarak shaf dalam shalat, merupakan sikap akomodasi yang realistik kalangan agamawan atas kondisi yang terjadi saat ini. 

    Di titik ini,dapat dimaknai bahwa teknologi, sains dan agama telah berkolaborasi dalam melawan Covid-19 ini menjadikan harmonis, seiring dan seirama. 

    Karena pada hakikatnya, teknologi, sains dan agama saling mendukung. Tehnologi, sains bertugas melakukan inovasi untuk kepentingan khalayak sementara agama menjadi pemandu etik dan moral agar tehnologi dan sains tetap dalam bingkai kemanusiaan, kemaslahatan, dan keberlanjutan alam semesta.  

    Dalam konteks Indonesia, dukungan penuh kalangan agamawan dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 secara proaktif telah dilakukan. Sejumlah pendapat hukum, seperti Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), memberi dukungan penuh dalam kerja besar pencegahan penyebaran Covid-19 ini. 

    Memperingati Isra Mi'raj Masa Pandemi


    Peringatan Isra Mi'raj 2023

    Peringatan Isra Miraj yang dilakukan pada masa pandemi ini menjadi momentum penguatan kesalihan individu dengan memperbaiki kualitas shalat. Shalat hendaknya dilaksanakan dengan baik, khusyu', thuma’ninah, dan diniatkan sebagai perwujudan kepasrahan diri seorang hamba kepada Allah. Upaya ini semata-mata untuk menjadikan shalat kita lebih berkualitas. 

    Momentum peringatan Isra Miraj ini juga relevan untuk meningkatkan kesalihan sosial di situasi pandemi ini. Penegakan protokol kesehatan secara konsisten menjadi bagian dari kesalihan sosial yang dibutuhkan saat ini. Di bagian lain, penguatan solidaritas kepada sesama di situasi ekonomi yang melambat ini juga merupakan bagian dari penguatan kesalihan sosial.

    Mari kita jadikan peringatan Isra Mi'raj ini untuk meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dan meningkatkan keimanan serta rasa ukhuwah islamiyah sesama muslim. Memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Berdoa dan berikhtiar agar pandemi COVID-19 ini segera berakhir sehingga dapat beraktivitas dengan normal.

    Caption Isra Miraj 2023 untuk Dipakai Saat Peringatan 18 Februari


    Peringatan Isra Mi'raj 2023

    Caption Isra Miraj 2023 bisa dilihat melalui ulasan di bawah ini. Peringatan Isra Miraj 2023 jatuh pada Sabtu, 18 Februari 2023 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Untuk meramaikan peringatannya, kamu bisa menggunggah foto dan caption tentang Isra Miraj ke media sosial. Yuk, simak daftar caption Isra Miraj 2023 berikut ini.

    Isra Miraj tahun ini adalah peringatan ke 1444 Hijriah. Untuk memperingati Hari Isra Miraj, berikut sederet caption yang cocok dipakai pada tanggal 18 Februari 2023.


    1. Selamat memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 29 Rajab 1444 H.
    2. Selamat memperingati Isra Miraj 1444 H. Semoga keberkahan, kebaikan, dan keridhaan Allah SWT selalu menyertai kita.
    3. Selamat memperingati Isra Miraj. Semoga momen ini dapat mengingatkan kita untuk meningkatkan habluminanas dan habluminAllah.
    4. Selamat Hari Isra Miraj 144 H. Mari kita jadikan peristiwa Isra Mirah sebagai momentum dalam kehidupan untuk tetap tawadu dan bertakwa kepada Allah SWT.
    5. Selamat memperingati Isra Miraj 1444 H. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada hambanya.
    6. Semoga ini menjadi awal untuk meningkatkan iman kita kepada Allah SWT. Selamat memperingati Isra Miraj 2023!
    7. Selamat memperingati Isra Miraj! Semoga keindahan bulan Rajab tertanam dalam hati dan benak kita, disertai dengan doa dan harapan agar kita selalu mendapat rahmat-Nya.
    8. Selamat Isra Miraj Nabi Muhammad. Semoga peringatan ini membawa kedamaian, berkah dan kegembiraan untuk Anda serta keluarga.
    9. Selamat memperingati Isra Miraj. Semoga syafa'at Rasulullah SAW selalu menyertai perjalanan hidup kita di dunia. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.
    10. Selamat Hari Isra Miraj. Marilah kita menundukkan kepala dan mengangkat tangan dalam berdoa kepada Yang Mahakuasa.
    11. Selamat merayakan Isra Miraj 1444 H. Di hari ini, amri saling memaafkan atas semua kesalahan kita.
    12. Selamat memperingati Isra Miraj 1444 H. Marilah kita memohon berkah dan pengampunan dari Allah SWT.
    13. Selamat memperingati Isra Miraj Rasulullah ASAW. Semoga kita selalu bisa meneladani akhlak mulia beliau.
    14. Selamat Hari Isra Miraj 1444 H. Mari tingkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
    15. Selamat Isra Miraj 1444 H. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
    16. Selamat Hari Raya Isra Miraj. Semoga kita senantiasa dapat meneladani akhlak Baginda Rasul.
    17. Jadikan momen peringatan Isra Mijrah sebagai dorongan untuk meningkatkan amal dan ibadah kita kepada Allah SWT. Selamat Hari Isra Miraj.
    18. Selamat memperingati Isra Miraj 1444 H. Mari kita tingkatkan semangat kebersamaan dan kesatuan umat yang uswatun khasanah.
    19. Selamat Isra Miraj 1444 H bagi seluruh umat Islam di dunia.
    20. Semoga Nabi Muhammad SAW selalu menjadi panutan kita dalam menjalani hidup. Selamat Isra Miraj 1444 H.

    Apa Itu Isra Miraj?


    Dikutip dari situs Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Isra Miraj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Pada peristiwa ini, Rasulullah SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

    Isra Miraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah, sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Adapun menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Miraj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M.

    Demikian informasi Isra Miraj 2023. Selamat memperingati Isra Miraj 1444 H!

    Apa yang dilakukan untuk memperingati Isra Miraj?


    Amalan yang Bisa Dilakukan saat Isra Miraj

    • Membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran dapat dilakukan setiap hari, termasuk saat Isra Miraj. Al-Qur'an diturunkan sebagai obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga membaca Al-Qur'an setiap hari dapat mendatangkan ketenangan jiwa. Apalagi membaca Al-Quran saat memperingati Isra Miraj dapat mendapatkan pahala.
    • Memperbanyak Istigfar. Isra Miraj diperingati pada bulan Rajab. Isra Miraj diperingati pada bulan Rajab. Bulan Rajab dikenal sebagai bulan Istigfar karena Allah akan mengampuni dosa kita.
    • Memperbanyak Salat Sunnah. Untuk menambah pahala di hari Isra Miraj, kita dapat memperbanyak ibadah salat sunnah. Adapun salat sunnah yang bisa dilakukan salah satunya adalah salat qobliyah ba'diyah, salat dhuha hingga salat tahajud. Amalan-amalan yang disebutkan di atas bisa kamu lakukan saat Isra Miraj ataupun setelahnya untuk menambah pahala. Jadi, jangan lupa diamalkan ya

    Apa itu kegiatan Isra Miraj?


    Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa besar saat Nabi Muhammad SAW memperoleh berbagai pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi dirinya, umatnya serta alam semesta. Pengertian Isra’ sendiri adalah perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqso, sedangkan Mi’raj adalah perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al-Aqso menuju Sidrotul Muntaha (langit ke tujuh).

    Mengapa Isra Miraj penting?


    Isra Miraj adalah salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, Nabi Muhammad SAW memperoleh perintah untuk pertama kalinya menjalankan salat lima waktu. Isra Miraj biasanya diperingati atau rayakan setiap 27 Rajab yang merupakan bulan ke-7 dalam kalender Islam.

    Kategori : 





    LihatTutupKomentar