Kelebihan Dan Kekurangan Email Marketing Sebagai Media Promosi
Email Marketing - Perbedaan paling mendasar antara email marketing dengan email yang biasa kita lakukan adalah di cara penggunaan email tersebut. Kalau email biasa kita biasanya untuk berkirim pesan atau untuk register suatu platform saja, sedangkan untuk email marketing digunakan untuk hal promosi produk bisnis kita. Cara pemasaran dengan email marketing masih sangat efektif karena ada beragam jenis email marketing yang bisa kalian terapkan sesuai dengan kebutuhan bisnis pelayanan anda pada audiens.
Email marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang sangat bagus karena langsung tertuju pada email audiens kita secara langsung. Email marketing juga merupakan cara persuasif kita untuk mengajak audiens agar melakukan engagement kepada produk kita, entah itu dalam bentuk kunjungan (visit) atau register, atau pembelian, dll.
Beberapa keunggulan email marketing untuk Bisnis anda
Keunggulan Email Marketing
1. Memiliki jangkauan yang luas
anda dapat menjangkau seluruh orang di indonesia untuk menawarkan produk anda yang itu langsung masuk kedalam notifikasi email mereka. Hal ini yang membuat email marketing sangat kuat sebagai aspek pemasaran yang masih dipakai sampai saat ini. Selain itu juga data-data yang kalian dapatkan nantinya bisa kalian olah lagi untuk keperluan pemasaran selanjutnya
2. Bersifat langsung dan Personal
Konten email marketing yang anda kirimkan itu langsung tertuju pada target audiens anda, bayangkan jika anda harus memulai dengan beriklan di spanduk banner atau digital ads lainnya yang hasilnya belum tentu dilihat atau dibaca audiens. Selain itu juga terkesan lebih personal karena email yang kita kirimkan itu pribadi tidak diketahui atau dilihat orang lain.
Kalian pernah berbelanja di sebuah marketplace kan? biasanya setelah anda belanja beberapa hari kemudian suka ada email masuk untuk menawarkan suatu event promo, atau ada penawaran produk, atau ada fitur baru di marketplace tersebut. Itulah contoh email marketing yang bersifat direct dan personal.
3. Cost Email marketing tergolong murah dibandingkan platform marketing lainnya
Ada banyak cara untuk kita memasarkan produk kita, seperti dengan google ads fb ads dll semua platform digital ads tersebut punya peran yang sama untuk mengexpose bisnis kita agar di notice orang sebelum nantinya terjadi engagement. Beriklan di platform digital ads tersebut butuh modal yang besar minimal saja sekitar 1-2 juta untuk kita bermain disana dengan hasil yang kita dapatkan hanya baru berupa data mentah pengunjung.
Sedangkan dalam email marketing cost yang kita keluarkan tergolong murah, bahkan beberapa platform email marketing ada yang gratis dengan fitur terbatas tentunya. Poin penting dalam bermain email marketing adalah landing page yang anda buat di website atau blog anda harus bisa mengundang audiens untuk melakukan register email berlangganan, karena dari situlah baru kita bisa mainkan skema email marketing yang kita inginkan.
Itu tadi beberapa keunggulan email marketing sebagai media promos bisnis, saya coba rangkum ya beberapa keunggulannya antara lain :
1. Reach audiens luas2. Lebih direct personal3. Cost Murah
Selain itu juga ada beberapa kelemahan email marketing antara lain :
Kekurangan Email Marketing
1. Terkadang Masuk Spam Email
Pengiriman email marketing secara masif alias terlalu sering kepada audiens anda berpotensi untuk masuk kedalam folder spam. Jika kalian gunakan secara wajar sebenarnya tidak usah takut email marketing kalian tidak akan dianggap spam. Karena jika sudah masuk dalam folder spam biasanya jarang sekali dibuka oleh audiens anda, kecuali brands serta produk anda itu kuat dan sangat dibutuhkan.
2. Pesan Email Marketing Terkadang Delay
Pengiriman email marketing kepada audiens yang sudah besar (banyak) biasanya tidak masuk langsung bersamaan kepada audiens pelanggan anda. Butuh waktu delay agar email marketing yang kita kirim bisa masuk ke inbox mereka. Namun jika dalam jumlah yang sedikit biasanya proses pengiriman email marketing berjalan normal cepat seperti biasa.
3. Tidak semua orang aktif buka email
Kekurangan yang ketiga ini sering banget terjadi, walaupun sekarang ini semua orang sudah punya email. Namun itu bukan berarti mereka akan membuka atau cek email mereka setiap hari. Banyak user yang hanya menggunakan email sebagai sarana untuk register sistem hp atau untuk register marketplace. Jadi email marketing agak susah diterima pesannya kepada audiens anda yang tidak aktif buka atau cek emailnya.
itulah tadi kelebihan dan kekurangan email marketing semoga bermanfaat ya guys!
Dan bagi kalian yang ingin melihat contoh email marketing dan juga jenis email marketing itu seperti apa kalian bisa lihat di artikel berikut ini :