Meningkatkan Konsentrasi Untuk Pengembangan Diri


Setiap orang selalu berkembang seiring waktu berjalan. Hal ini tentu saja menjadi tuntutan pengembangan diri untuk terus berkembang lagi. Salah satu cara mengembangkan diri kita agar lebih baik adalah dengan cara meningkatkan konsentrasi dalam keseharian kita.

konsentrasi

Ulasan Singkat Tentang Konsentrasi

Kita bisa mengartikan konsestrasi yaitu sebuah proses aktifitas pemikiran yang hanya memfokuskan diri pada satu hal saja, alias tertuju hanya pada satu hal tidak bercabang-cabang. Semakin orang tinggi tingkat konsentrasinya maka semakin tinggi dia untuk fokus pada suatu hal, hal ini tentu berdampak pada kualitas diri dan tentu akan berkembang.

Pentingnya Meningkatkan Konsentrasi

1. Otak Terlatih Untuk Berpikir Detail (cermat dan teliti)

konsentrasi

Konsentrasi itu membutuhkan energi. Karena semua energi pikiran, kita fokuskan pada satu hal secara menyeluruh. Otak menjadi jauh terasah secara maksimal dan tentu diri kita akan jauh lebih berkembang lagi dari dalam

2. Hasil Yang Lebih Baik 

konsentrasi

Kemampuan konsentrasi seseorang mempengaruhi tingkat produktifitas serta kreativitas seseorang. Semakin fokus tentu semakin bersungguh-sungguh dalam bekerja, beda dengan orang yang hanya sekedar tau beres aja, tanpa memperhatikan detail suatu hal

3. Sarana Pelatihan Emosi 

konsentrasi

Orang yang fokus cenderung berpikir dahulu sebelum bertindak. Sudah ada hitung-hitungan dikepala mereka sebelum mengambil keputusan dalam bertindak. Hal ini tentus mengurangi faktor emosional, dan diri jadi jauh lebih berkembang karena emosi terjaga.

4. Memiliki Tujuan Dalam Hidup 

konsentrasi

Orang yang masih labil biasanya tingkat konsentrasinya juga labil, gampang terpengaruh oleh lingkungan di sekitarnya. Dampaknya adalah bingung menentukan tujuan atau cita-cita. Sedangkan jika anda sudah bisa fokus anda akan tau kemana arah tujuan yang ingin dicapai dan memulai caranya untuk mewujudkan tujuan tersebut, kuncinya cuma satu yaitu "fokus"


Nah sobat Poemers udah tau kan beberapa poin pentingnya konsentrasi itu apa aja, sekarang mari kita lihat tips cara melatih konsentrasi, yuk simak dibawah...

Tips Melatih Konsentrasi

1. Fokus Pada Satu Hal 

konsentrasi

Ini poin paling utama ya guys dalam melatih konsentrasi, yaitu kalian harus fokus. Tidak bercabang ke hal-hal lain. Buatlah skala prioritas dalam keseharian, dengan begitu kita jadi lebih mudah untuk fokus pada hal yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Fokus itu penting, kesampingkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan tujuan

2. Buat Diri Senyaman Mungkin 

konsentrasi

Kadang kita sulit fokus karena ada banyak tekanan dari luar atau dari sekitar. Hal ini membuat pikiran kita terpecah kemana-mana, mikirin A,B,C,D. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan relaksasikan diri, atau istirahatkan tubuh dan pikiran. Relaksasi ga harus tidur, bisa juga dengan dengerin musik, rebahan sebentar, atau pergi jalan-jalan untuk mencari referensi tambahan

3. Kelola Emosi 

konsentrasi

Orang yang emosian cenderung bertindak tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan fokus diri yang kurang. Agar memudahkan kita untuk berkonsentrasi ada baiknya kita atur suasana hati kita terlebih dahulu, buat diri senyaman mungkin seperti poin kedua diatas. 

4. Renungan (Doa atau Meditasi) 

konsentrasi

Salah satu cara untuk mempertajam pemikiran adalah dengan cara renungan, bisa juga dengan cara berdoa atau meditasi. Intinya buat pemikiran itu serileks mungkin untuk melihat suatu perkara. Dalam sebuah renungan kita cenderung melihat banyak sisi dan ini bagus untuk melihat hal-hal yang luput dari pandangan (lebih detail)

Pola Kebiasaan Meningkatkan Konsentrasi

konsentrasi

1. Buat Jadwal Sehari-hari (to-do-list)
Banyak orang meremehkan tentang membuat jadwal keseharian. Padahal ini merupakan cara yang mudah untuk meningkatkan konsentrasi kita. Karena dengan jadwal yang sudah terencana setiap hari, kita jadi lebih fokus mengikuti alur sistem yang sudah kita buat sebelumnya.

2. Porsi Tidur yang Cukup 
Nah ini juga ga kalah penting, tidur yang kurang membuat kita sulit untuk fokus. Tubuh masih terasa lemas, dan sulit berkonsentrasi. Dengan tidur yang cukup kita memulai hari dengan keadaan yang jauh lebih fresh dan ini modal utama untuk bisa fokus sepanjang hari

3. Olahraga minimal 15-30 menit/hari
Jika kalian suka lemas dalam keseharian boleh jadi itu karena kurang olahraga. Coba mulai dari sekarang rutin biasakan diri olahraga setiap hari minimal 15-30 menit nanti pasti terasa deh perbedaannya jauh lebih fresh dan lebih fokus. 

4. Pola Makan Sehat 
Ini penting ya guys, percuma kalau kita tidurnya cukup olahraga juga sering tapi pola makanan ga dijaga. Ada banyak jenis pola makan sehat sekarang ini pilihlah yang cocok dengan kalian. Tapi kalau bisa sih apapun pola makannya tetap harus kurangi konsumsi gula dalam keseharian (nasi, mie, minuman manis, dll)

5. Bermain Games (strategi atau Logic)
Games juga bisa lhoo jadi sarana meningkatkan konsentrasi, tapi ga semua games memberikan itu. Contoh paling simpel adalah bermain catur. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari bermain catur, selain kemampuan berfikir taktis terasah, fokus kita juga berkembang. Idealnya mainlah game pengasah otak 1-2 jam sehari



Oke sobat Poemers Itulah tadi beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi kita. Jika kalian memiliki cara lainnya bisa share pada kolom komentar ya, dan jika ingin update terus artike MyPoem kalian bisa subscribe blog ini untuk berlangganan...


Related Posts