-->

Aplikasi Menulis Buku Di Pc Dan Android Terbaru Lengkap

    Aplikasi Menulis Buku Di Pc Dan Android


    ‘Aplikasi penulisan apa yang terbaik?’


    Sekarang, saya adalah seorang penulis dan blogger, dan saya menikmati pengujian aplikasi dan perangkat lunak penulisan terbaru dan terhebat. Saya menggunakan banyak alat tulis ini secara teratur. Semuanya di sini akan membantu Anda menjadi penulis yang lebih baik, lebih pintar, dan lebih produktif.

    aplikasi menulis buku
    aplikasi android


    Aplikasi Menulis Buku Di PC


    1. Grammarly


    Saya menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa posting blog dan bab buku saya untuk kesalahan ketik dan ejaan. Versi premium Grammarly memiliki fitur-fitur canggih yang juga membantu Anda meningkatkan keterampilan menulis.


    Ini memberikan beberapa rekomendasi pengeditan seperti menghindari kalimat pasif, menggunakan kalimat yang lebih pendek, saran kata alternatif untuk menggunakan kosakata yang lebih luas, dan sebagainya. Banyak dari fitur ini juga sangat berharga saat Anda perlu memangkas jumlah kata Anda.


    2. Living Writer


    Living Writer adalah aplikasi menulis baru untuk menulis cerita atau buku. Alih-alih menggunakan pengolah kata, Living Writer dapat diakses melalui browser web Anda.


    Ini membantu penulis mengatur plot dan cerita mereka menggunakan papan seperti Scrivener. Living Writer berisi serangkaian kerangka kerangka untuk struktur cerita populer seperti Hero's Journey.


    3. ProWritingAid


    ProWritingAid adalah aplikasi penulisan proofreading dan pemeriksa tata bahasa lain yang akan membantu Anda meningkatkan tulisan dan menyempurnakan seni swa-edit. Cara kerjanya mirip dengan Grammarly, tetapi lebih terjangkau.

    Biayanya $ 50 untuk satu tahun.


    4. Scrivener


    Saya tidak dapat merekomendasikan Scrivener sebagai aplikasi menulis untuk karya dengan format yang lebih panjang.


    Saya menggunakan perangkat lunak penulisan buku ini untuk menulis artikel fitur untuk surat kabar, konten panjang, laporan, buku, dan lainnya.


    Dulu, saya menggunakan Scrivener untuk ngeblog. Hari-hari ini, saya kebanyakan menggunakannya untuk menulis bentuk panjang. Scrivener jauh melampaui pengolah kata biasa seperti Microsoft Word.


    Scrivener memudahkan penulis serta siswa untuk mengatur ide-ide mereka dan mengelola proyek penulisan yang lebih rumit, menggunakan alat desktop dan aplikasi penulisan seluler. Ini juga tersedia di iPad. Scrivener juga memiliki banyak pintasan keyboard untuk mempercepat proses penulisan.


    Harganya $ 45.

    aplikasi menulis buku
    aplikasi

    5. ConvertKit


    ConvertKit adalah salah satu layanan email terbaik yang dibuat untuk penulis dan blogger yang ingin menulis kepada pembacanya.


    Anda dapat menggunakannya untuk membuat kursus email berdasarkan buku Anda dan untuk mengirim email pendidikan dan penjualan ke pembaca yang tepat pada waktu yang tepat.


    Tidak seperti banyak layanan email lainnya, ini mudah digunakan, dan ConvertKit bahkan mendukung otomatisasi pemasaran

    aplikasi menulis buku
    aplikasi android

    6. Menulis! Pro


    Menulis! Pro menyebut dirinya sebagai ruang kerja digital untuk menulis dan membuat catatan.


    Ini berfungsi di Mac, Windows atau Linux sebagai aplikasi di komputer Anda. Menulis! Pro mencadangkan pekerjaan Anda ke cloud untuk keamanan dan akses di mana saja.


    Ini adalah aplikasi menulis bebas gangguan seperti Byword atau IA Writer dan hadir dengan mode fokus dan tema putih dan gelap. Namun, Tulis! Pro menyertakan lebih banyak font dan alat pengeditan daripada aplikasi tersebut.


    Misalnya, aplikasi ini memungkinkan penulis untuk menetapkan tujuan harian seputar jumlah kata dan mengatur penulisan pendek dan panjang menggunakan struktur file dan folder serta tab, seperti Scrivener.


    Harganya $ 21,49.


    7. Vellum


    Salah satu bagian tersulit dari self-publish adalah membuat buku yang terlihat bagus. Atau setidaknya memang begitu.

    Dengan Vellum, Anda dapat membuat e-book yang cantik dan mencetak buku dalam hitungan menit. Saya mempersiapkan semua buku saya untuk diterbitkan sendiri dengan Vellum, dan itu menyenangkan untuk digunakan.

    Biayanya USD199 untuk membuat ebook tanpa batas.


    8. Penulis IA


    IA Writer adalah aplikasi menulis gratis favorit saya untuk posting blog dan artikel pendek. Meskipun Scrivener sangat bagus untuk mengelola proyek penulisan besar, aplikasi menulis ini sangat cocok untuk yang lebih kecil.


    Aplikasi menulis untuk iPad, iPhone dan Mac ini membantu penulis mengatasi gangguan melalui fitur yang disebut Mode Fokus.


    Alat tulis juga memiliki mode layar penuh yang menyoroti baris yang saat ini Anda ketikkan dan memudarkan semua yang ada di dokumen.


    Ini adalah salah satu fitur paling cerdik yang saya temui untuk memfokuskan pikiran Anda pada poin saat ini, yang agak berguna terutama dalam proyek penulisan kreatif.


    Saya menggunakan IA Writer di laptop, desktop, dan ponsel saya. Ini adalah pengolah kata yang elegan dan mudah digunakan dan menyinkronkan tulisan saya di semua perangkat saya.


    9. Ulysses


    Ulysses adalah aplikasi menulis alternatif yang lebih kaya fitur untuk IA Writer atau bahkan Write! Pro.


    Misalnya memiliki fitur seperti Markup-Based Text Editor, keyboard shortcut agar penulis bisa lebih cepat, library untuk mengatur catatan dan dokumen, mengatur tujuan penulisan, mempublikasikan langsung ke WordPress dan Medium, dan sebagainya.


    Ini termasuk aplikasi penulisan seluler dan tablet. Bisa dibilang, ini tidak cukup bebas gangguan seperti Penulis IA, tetapi ini membantu Anda mengatur proyek menulis kecil (seperti entri blog) dan yang besar (seperti buku).

    Gunakan untuk: menulis artikel dan posting blog.

    aplikasi menulis buku
    aplikasi

    10. Day One


    Saya sangat percaya pada kekuatan penulisan jurnal untuk menemukan ide-ide baru dan mengatasi masalah seperti writers block


    Saya menggunakan aplikasi menulis Day One setiap pagi untuk menulis entri singkat tentang apa yang saya perjuangkan dan bidang yang harus saya fokuskan.


    Ini disinkronkan di semua perangkat saya dan mendukung gambar dan penurunan harga juga. Digunakan untuk: menulis jurnal


    11. Evernote


    Saya menggunakan Evernote untuk mencatat ide-ide untuk posting blog dan bab buku pada siang hari.


    Mencatat segera ketika ide datang kepada Anda adalah cara yang fantastis untuk menangkap momen inspirasi acak serta mengatasi hambatan penulis. Jadi ini tentu saja merupakan aplikasi pencatat yang layak untuk dijelajahi.


    Saya juga menyimpan artikel dan menulis petunjuk yang saya suka ke Evernote sebagai bagian dari file gesek pribadi saya menggunakan aplikasi seluler.


    Alat tulis ini juga memiliki beberapa fitur lain yang perlu ditelusuri seperti mode dikte yang memungkinkan Anda dengan mudah mentranskripsikan catatan suara Anda sebagai teks, integrasi, kolaborasi tim, dan banyak lagi.


    Anda dapat membaca tentang bagaimana saya mengendalikan Evernote di panduan ini. Beruang adalah alternatif populer untuk Evernote.


    12. Aplikasi Hemingway


    Kabar baiknya adalah para penulis dapat menggunakan Editor Hemingway untuk meningkatkan keterampilan menulis dan mengedit diri mereka. Tempel teks Anda ke dalam aplikasi dan itu akan memberikan saran untuk menghapus kata yang tidak perlu di sana-sini seperti kata keterangan atau tautologi.


    Ini juga menyarankan pembingkaian ulang kalimat tertentu dari kalimat pasif menjadi kalimat aktif dan banyak lagi. Hemingway berguna ketika Anda ingin mengurangi jumlah kata Anda tanpa meninggalkan poin penting dari artikel Anda. Ini juga gratis.


    Aplikasi Menulis Buku Di Android


    1. Inkredible


    Yang ini bagus untuk penulis kreatif yang cukup beruntung memiliki layar yang lebih besar, dan yang merasa tidak ada cara untuk menulis seperti tulisan tangan.


    Ya, Inkredible dirancang untuk tulisan tangan yang sebenarnya daripada mengetik, dan jika Anda memiliki stylus yang berguna maka Anda harus menggunakan cara super manualnya untuk menulis di ponsel.


    Anda dapat menambahkan berbagai latar belakang kertas ke tulisan Anda, seperti kertas bergaris dengan margin atau kertas grafik, dan UI super tipisnya benar-benar menghadirkan perasaan bahwa Anda sedang menulis di atas kertas daripada di antarmuka digital.


    Saat Anda menulis, Inkredible mengoptimalkan tulisan Anda agar terlihat lebih rapi (bagus untuk juru tulis yang berantakan seperti saya)

    aplikasi menulis buku
    aplikasi android

    2. Catatan Notepad ColorNote


    Memulai dengan aplikasi yang secara teknis bukan pengolah kata lengkap mungkin tampak kurang ajar, tetapi aplikasi ini telah menjadi fitur integral dalam hidup saya sehingga perlu disorot.


    Selain itu, semuanya didasarkan pada penulisan, dan sering kali Anda ingin menulis sesuatu dengan cepat di ponsel, Anda tidak ingin mengalami kerumitan dalam membuka aplikasi yang lebih komprehensif.


    Anda mungkin mengira ColorNote berputar terutama di sekitar pembuatan catatan, tetapi secara mengejutkan kaya akan fitur, memungkinkan Anda mengubah font, mencatat warna latar belakang, menulis email, dan mengatur pengingat.


    Anda dapat mengatur setiap halaman yang Anda tulis sebagai widget individual di salah satu layar beranda Anda, serta menyaring coretan Anda menggunakan fungsi Pencarian.


    Baik Anda seorang penulis yang ingin mencatat renungan Anda, atau perlu dengan cepat menulis sesuatu untuk mengingatkan diri Anda nanti, ColorNote siap membantu Anda.


    3. Microsoft Word


    Awal yang kontroversial, mungkin, karena Anda dapat mengaitkan aplikasi Microsoft Office dengan banyak fitur rumit dan kerumitan yang tidak perlu. Dan ya, meskipun Anda dapat membuat dokumen yang rumit dan mendetail yang menyerupai hal-hal yang akan Anda buat di PC, Microsoft Word juga cepat dan mudah digunakan jika Anda hanya ingin segera menyelesaikan beberapa penulisan.


    Microsoft mendesain ulang aplikasi ini beberapa tahun yang lalu, dan layar utama tempat Anda menulis dokumen sekarang bagus dan minimal, hanya memberi Anda opsi pemformatan dasar, penyorotan, dan opsi untuk mencari dokumen Anda untuk kata atau frasa tertentu.


    Hal-hal biasa berbasis cloud ada di sana, seperti memungkinkan Anda untuk berkolaborasi pada dokumen dengan sesama pengguna Word secara real time, dan jika Anda ingin sedikit lebih mendalam dengan pemformatan, maka Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan membuka pita tua terpercaya.


    4. iA-Writer


    iA Writer sudah lama menjadi favorit di perangkat iOS dan OS X, tetapi akhirnya memulai debutnya di ekosistem Android pada tahun 2015 dan dengan cepat menjadi favorit di kalangan pengguna Android juga.


    Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang memberikan keunggulan di atas semua aplikasi lain dalam daftar ini. Muncul dengan dukungan penurunan harga penuh dan mode pratinjau yang dapat Anda akses dengan menggesekkan layar. Selain membuat file lokal, Anda dapat mengakses dokumen di Google Drive dan Dropbox, dan menawarkan sinkronisasi waktu nyata untuk kedua layanan.


    Selain itu, Anda dapat mengekspor tulisan Anda ke beberapa format seperti HTML, PDF, dan MS Word (.docx). Fitur pembunuh lainnya adalah kemampuannya untuk mempublikasikan langsung ke medium.com. Anda memerlukan token integrasi untuk mengaktifkan fitur ini, tetapi petunjuk untuk mendapatkannya dinyatakan dengan jelas di aplikasi.

    aplikasi menulis buku
    aplikasi

    5. Monospace


    Monospace Writer adalah aplikasi minimalis yang memungkinkan Anda berfokus pada tulisan tanpa gangguan. Aplikasi ini tidak menawarkan fitur sebanyak iA Writer, tetapi memiliki kelebihannya sendiri.


    Saat instalasi, Anda akan disambut oleh antarmuka yang bersih dan dirancang dengan baik sehingga Anda akan merasa seperti di rumah sendiri. Ada beberapa tutorial yang akan menunjukkan cara menggunakan aplikasi dan opsi yang tersedia.


    Anda hanya mendapatkan opsi pemformatan paling dasar (seperti tebal, miring, blockquote) tetapi tidak lebih. Anda dapat mengatur artikel terkait menggunakan hashtag, dan mengekspor ke penurunan harga atau teks biasa tersedia. Monospace juga menampilkan integrasi Dropbox dan Google Drive, tetapi yang terakhir hanya tersedia dalam versi pro.


    6. JotterPad


    JotterPad menampilkan dirinya sebagai aplikasi minimalis untuk segala jenis tulisan. Ini memiliki antarmuka material yang tampak layak yang memotong semua opsi yang tidak perlu, memungkinkan Anda untuk hanya fokus pada tugas Anda.


    Anda dapat menulis posting Anda dalam penurunan harga dan mengekspornya ke beberapa format: TXT, MD, PDF, DOCX (beta). JotterPad juga mendukung integrasi Dropbox serta opsi tipografi yang layak dan fitur mode malam.


    Salah satu fitur yang lebih menarik tentang JotterPad adalah ia menyimpan snapshot dari pekerjaan Anda yang berarti Anda dapat dengan mudah kembali ke versi sebelumnya jika Anda mau. Anda juga mendapatkan dukungan untuk keyboard dan pintasan Bluetooth (seperti Ctrl + Z) dengan aplikasi ini.


    7. Writer Plus


    Writer Plus adalah aplikasi menulis fantastis lainnya yang memiliki peringkat luar biasa di Play Store. Ini adalah aplikasi gratis yang menawarkan beberapa fitur yang mungkin Anda minati.


    Antarmuka pengguna sangat bagus dengan semua artikel Anda terdaftar secara vertikal di layar. Anda juga dapat mengatur pekerjaan Anda ke dalam folder untuk menghindari aplikasi yang berantakan. Membuat dokumen baru sangat mudah; cukup klik tombol mengambang "+" di bagian bawah layar Anda untuk memulai.


    Writer Plus mendukung pemformatan penurunan harga serta pintasan keyboard jika Anda menggunakan keyboard Bluetooth. Fitur lain termasuk jumlah kata dan karakter, undo dan redo, dan mode malam. Satu-satunya kelemahan adalah Anda dibatasi untuk bekerja dengan file lokal, tetapi integrasi cloud telah ditandai untuk pembaruan di masa mendatang.


    Baiklah sobat My Poem itulah tadi beberapa contoh aplikasi PC dan juga aplikasi android untuk menulis yang bisa kalian gunakan untuk aneka tulisan seperti, novel, cerpen,puisi dll. Jangan lupa ya untuk subscribe blog Seuntaipuisi untuk mengikuti update seru selanjutnya.

    Baca Juga: Ingin Jadi Penulis? Gunakan 5 Aplikasi Berikut Ini!

    LihatTutupKomentar