-->

Cara Membuat Artikel Di Blog Wordpress Bagi Pemula

    Kali ini ingin berbagi tips cara membuat artikel di blog yang bagus dan menarik bagi para pembaca. Namun sebelum melihat detail pembuatan artikel blog, kalian harus kuasai dulu cara membuat artikel secara keseluruhan, dan ini bisa diterapkan di segala platform blog yang ada.


    (kuasai poin dibawah ini sebagai landasan kalian membuat artikel blog)
    cara membuat artikel pemula

    Cara MemBuat Artikel Di Blog


    Apa yang membuat post  blog layak?

    Sebelum Anda membuat blog, pastikan Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan seperti, "Untuk alasan apa seseorang terus membaca seluruh post  blog ini?" dan "Apa yang membuat mereka kembali untuk mendapatkan tambahan informasi lagi?"

    Untuk memulai, post blog yang layak menarik dan mendidik. Situs web harus menjawab pertanyaan dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang mereka hadapi - dan Anda perlu melakukannya dengan cara yang menarik.

    Tidaklah cukup hanya untuk menanggapi pertanyaan seseorang - Anda juga harus memberikan solusinya Misalnya, membuat pembaca harus terus membaca posting Anda. Pada saat itu, gunakan panduan untuk membuat pembaca Anda tertarik dengan apa yang perlu Anda nyatakan.

    Perlu diingat, post blog yang bagus sangat menarik untuk dibaca dan memberikan materi pelajaran bagi orang banyak.

    Petunjuk untuk Menulis Post Blog

    Berikut adalah cara yang harus Anda ikuti saat membuat post blog.

    1. Pahami target pembaca Anda.

    Sebelum Anda mulai membuat post blog Anda, pastikan Anda memiliki grup pembaca yang ingin anda sasar, jika anda menulis topic artikel game online, maka secara garis besar pengunjung artikel anda adalah orang yang suka game online, dengan rentang usia yang muda kebanyakan

    Buat postingan blog anda sedetail mungkin hingga memberikan kesan bagi para pembaca dan teringat terus dengan artikel yang anda buat, dengan begitu anda telah melakukan self branding melalui sebuah konten artikel.

    target

    Misalnya, jika pembaca Anda adalah lulusan perguruan tinggi baru yang berharap untuk memulai bisnis, Anda mungkin tidak perlu memberi mereka informasi tentang memulai di media online - sebagian besar dari mereka sudah mengetahui hal itu.

    2. Ulangi subjek blog Anda.

    Jika Anda sudah berurusan dengan sebuah situs dan sedang membuat postingan utama untuk situs tersebut, pastikan cara membuat artikel tersebut sesuai dengan situs dalam tampilan dan topik. Dua cara berbeda untuk melakukannya termasuk:

    cara membuat artikel pemula

    Logo: Ini bisa menjadi nama dan logo bisnis Anda - ini akan membantu pembaca blog untuk mengingat siapa yang mendistribusikan substansi artikel yang mereka baca.

    Halaman "About Me,": Anda mungkin sudah memiliki cuplikan halaman ini yang menggambarkan diri Anda atau bisnis Anda. Segmen "Tentang" di blog Anda merupakan tambahan dari artikulasi tingkat yang lebih signifikan ini. Anggap saja sebagai pernyataan tujuan blog Anda, yang berfungsi untuk membantu tujuan kalian menulis.

    3. Bedakan poin postingan blog pertama Anda.

    Sebelum Anda menulis apa pun, pilih subjek untuk post blog Anda. Intinya bisa sangat luas untuk memulai. Misalnya, jika Anda menulis tentang artikel tips kesehatan mata, anda bisa pisahkan dengan artikel tentang kesehatan telinga, jangan digabung keduanya walau sama-sama tentang kesehatan juga.


    Berikut empat jenis post blog yang dapat Anda gunakan:

    Listicle: Yaitu artikel yang berisikan poin list-list gitu, seperti 10 cara meredakan amarah, 8 cara mengelola keungan, dll

    Daftar (draft artikel): daftar menteri cabinet jokowi, daftar transfer pemain terbaru, dll

     News Artikel: artikel seperti potongan artikel berita, biasanya pendek up to date, namun cepat ditinggalkan pembaca karena harus terus update setiap harinya
    Artikel Review: review sebuah produk atau sebuah hal, seperti review film, review Handphone, dll
    Artikel Infografik: berisikan informasi dalam bentuk potongan gambar-gambar.

    Itu tadi beberapa contoh gaya penulisan sebuah artikel pada umumnya ya.

    Poing Penting: Bagian judul dan bagian awal cara membuat artikel itu menentukan, karena di dua bagian itulah pembaca melakukan interaksi dengan kita. Jika di bagian pembuka mereka udah merasa ga suka, mereka akan pergi, dan ini sangat disayangkan banget

    cara membuat artikel wordpress

    Berikan penjelasan singkat 1-2 kalimat tentang tema artikel yang anda buat dan berikan gambaran umum solusi dari permasalahan yang mereka cari. Jika empat aspek diatas udah kalian kuasai saatnya ke poin kelima yaitu...

    4. Buat post blog Anda!

    Tahap berikut - namun bukan yang terakhir - benar-benar menyusun substansi. Yap, saatnya kalian tulis artikel sesuai dengan referensi yang sudah anda buat sebelumnya. Setelah selesai membuat post artikel jangan lupa untuk melakukan review dan editing jika ada paragraf atau kalimat yang kurang pas.


    Cara Buat Artikel di WordPress

    cara membuat artikel wordpress

    Saat Anda memiliki artikel yang disusun dan siap untuk didistribusikan di blog Anda, masuk ke akun WordPress Anda. Telusuri hal "Postingan" di sidebar kiri, dan klik di atasnya. Kemudian klik "add new". Di sinilah Anda akan membuat artikel WordPress Anda.

    cara membuat artikel wordpress


    Selanjutnya, isi kolom judul:


    1. Masukkan judul artikel pada baris utama paling atas. Judulnya harus singkat dan jelas (menggunakan semboyan yang diidentifikasikan dengan isi artikel), dan harus membangkitkan rasa ingin tahu pembaca agar mereka membaca artikel tersebut.


    2. Masukkan konten artikel ke dalam kotak konten di bawah fitur dengan menyusun konten atau menyusun ulang konten dari pengolah kata. Artikel yang sudah anda buat bisa anda copas di bagian kolom tengah untuk konten isi artikel wordpress anda.

    cara membuat artikel wordpress

    3. Memformat konten di dalam tampilan menulis wordpress ada banyak pilihan untuk memformat tulisan seperti bullet numbering bold italic, tampilannya seperti aplikasi pengetikan pada umumnya


    4. Simpan artikel sebagai "Draf" (tombol terletak di kepala sidebar kanan). Anda harus menyimpannya sebagai Draf hingga artikel telah sepenuhnya disusun dan diatur. Saat berada dalam mode Draf, tidak ada orang lain selain Anda yang dapat melihatnya - ini tidak muncul di situs langsung.


    Untuk upload gambar Ke WordPress


    Tempatkan kursor Anda di artikel tempat Anda membutuhkan gambar untuk disematkan.

    klik pada tombol "add media" dan kemudian klik pada tab "files" di layar berikut.

    wordpress

    Akan muncul pilihan dari mana file yang ingin anda upload sumbernya, dan tinggal upload ke dalam artikelnya. Gambar sebisa mungkin sudah SEO ya


    Berikut cara membuat Kategori:


    Temukan tombol kategori di sidebar kanan

    Jika kategori  yang Anda butuhkan sudah dibuat, klik dasar pada kotak centang di dekat nama kategori . Anda dapat menunjuk jumlah kelas yang Anda butuhkan.


    Jika Anda harus membuat kategori  lain, klik link "+ Add New Category". Pada titik itu ketik nama kategori  lain, pilih kategori  utama jika Anda perlu membuat struktur progresif, dan tekan tombol "Sertakan Kategori Baru".

    wordpress

    Memberi tag pada Konten


    Memberi tag  pada artikel WordPress Anda menampilkan semboyan yang terselubung dalam artikel dan memberikan jalur bagi pembaca Anda untuk menemukan konten tambahan di blog Anda tentang subjek serupa.


    Bergantung pada rencana blog Anda, tag  ini dapat ditampilkan sebagai tangkapan interaktif menjelang akhir artikel Anda, di bilah sisi, atau di tempat lain.


    Mengatur Permalink


    Ketika Anda memasukkan judul artikel WordPress Anda, Anda mungkin telah melihat bahwa bidang lain bernama "Permalink" muncul tepat di bawah judul. Tautan permanen adalah alamat web artikel, dan ini mengasumsikan peran penting dalam bagaimana perayap web memberi peringkat artikel Anda dalam item kueri.


    Untuk melihat artikel Anda:



    Temukan tombol "Lihat" di sidebar kanan (dekat dengan "Konsep Cadangan").

    klik tombol "Review" untuk melihat halaman persis seperti yang akan terlihat di situs langsung setelah posting.


    Lihat artikel dan desain pada layar Pratinjau untuk mendapatkan gambaran artikel yang sesuai dengan yang anda mau, jika ada yang perlu diperbaiki, anda tinggal kembali lagi ke bagian box isi artikel untuk melakukan editing.


    Melakukan publish Artikel


    Setelah Anda memastikan bahwa semuanya tampak bagus dengan artikel Anda, itu layak untuk postingkan. Anda dapat mendistribusikannya dengan cepat atau merencanakannya untuk waktu dan tanggal tertentu di kemudian hari.


    Untuk posting dengan cepat, pada dasarnya klik tombol biru "publish" di dasar kotak Publikasikan (di bawah tombol Simpan Draf dan Pratinjau). Maka anda telah membuat artikel melalui platform wordpress.


    Mudah bukan cara membuat artikel di wordpress. Kalian bisa lakukan itu sekarang, dan jangan takut untuk mencoba, lakukan trial eror hingga kalian benar-benar menguasai interface wordpress, dan aktivitas menulis artikel anda akan semakin cepat karena sudah terbiasa sebelumnya.

    LihatTutupKomentar